Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata…

Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Unsplash/Markus Winkler

Gorengan adalah makanan yang nampaknya sulit dipisahkan dengan masyarakat Indonesia. Makanan yang dibuat dengan cara digoreng ini bukan hanya ada satu jenis. Gorengan hanya merujuk pada sekumpulan bahan makanan yang dimasak kembali dengan cara digoreng.

Uniknya bahan yang digunakan dalam gorengan banyak juga melibatkan makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah dan biji-bijian yang ada dalam bakwan goreng, kedelai yang ada dalam tahu dan tempe goreng, dan pisang yang juga sering digoreng bersama tepung.

Tetapi apakah itu benar-benar tetap menjadi makanan sehat?

Baca Juga: Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Di sisi lain, penderita diabetes dengan kondisi yang mereka idap memaksa mereka untuk tidak makan sembarangan. Hal ini adalah upaya agar gula darah yang umumnya berasa dari makanan bisa tetap dalam keadaan aman.

Lantas apakah penderita diabetes boleh makan gorengan? Apakah ada dampak kesehatan tersendiri jika penderita diabetes makan gorengan?

Makanan yang Digoreng

Melansir laman Time, semakin banyak gorengan (makanan yang digoreng) yang Anda makan, semakin besar kemungkinan Anda menderita diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, ungkap penelitian baru.

Sebuah tim studi yang berbasis di AS menganalisis data pola makan dan penyakit yang dikumpulkan dari lebih dari 100.000 pria dan wanita.

Baca Juga: Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kerupuk? Ternyata…

Dibandingkan dengan orang yang makan gorengan kurang dari sekali seminggu, mereka yang melahap makanan seperti kentang goreng, ayam goreng, atau camilan gorengan lainnya empat hingga enam kali seminggu mengalami risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner melonjak 39% dan 23%, masing-masing. Risiko meningkat bahkan lebih untuk orang yang makan gorengan setiap hari.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini