Apa yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Mencapai Angka 600 ml/dL?

Apa yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Mencapai Angka 600 ml/dL? Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Memastikan kadar gula darah tetap dalam skala normal adalah hal mutlak yang harus dilakukan penderita diabetes.

Gula darah yang normal adalah berikisar di angka 180 ml/dL. Maka diabetes yang tidak terkontrol adalah ketika kadar gula darah Anda secara konsisten di atas 180 ml/dl atau lebih tinggi.

Ketika anda mengecek kadar gula darah dengan alat tes dan menunjukkan angka yang tinggi kisaran 300 ke atas, maka yang harus anda lakukan adalah mengecek kembali apakah angka tersebut benar.

Seringkali terdapat miss atau eror seperti adanya sisi makanan yang ada dalam alat tes sehingga angka yang ditunjukkan tidak lagi benar.

Baca Juga: Penting! Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kadar Gula Darah di Atas 400 mg/dL?

Namun jika angka itu sudah terkonfirmasi benar tanpa adanya eror, maka penanganan medis harus segera diberikan.

Lantas sebenarnya apa yang terjadi saat gula darah seseorang tinggi jauh di atas normal semisal 600 ml/dL?

Mengutip laman livestrong.com, kadar gula darah tinggi yang berbahaya menyebabkan ketoasidosis. Kadar gula darah di atas 600 selama berjam-jam dianggap sangat berbahaya dan harus dirawat di rumah sakit. Kadar gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat menyebabkan pembengkakan di otak Komplikasi lain termasuk kerusakan organ akibat tekanan darah rendah, serangan jantung dan gagal ginjal.

Baca Juga: Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Diabetic Coma (Koma Diabetes)

Melansir laman WebMD, koma diabetes dapat terjadi ketika gula darah Anda menjadi terlalu tinggi - 600 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih - menyebabkan Anda menjadi sangat dehidrasi.

Biasanya mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dengan baik. Ini umum di antara mereka yang berusia lanjut, sakit kronis, dan cacat. Dokter tidak yakin mengapa, tetapi mereka pikir orang-orang ini mungkin tidak menyadari bahwa mereka haus atau mungkin tidak cukup minum.

Ini adalah kondisi yang serius, dan jika tidak segera diketahui dan ditangani dengan cepat, bisa berakibat fatal. Mengetahui gejalanya dapat membantu Anda tetap aman.

Baca Juga: Catat! Menderita Diabetes Bukan Berarti Segera Mati, Hal Ini karena…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini