Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Unsplash/hello i'm Nik

Menderita penyakit kronis ataupun tidak, konsumsi makanan bergizi wajib dilakukan agar kondisi tubuh tetap dalam kondisi fit.

Buah-buahan sudah umum diketahui sebagai sumber makanan bergizi yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dll. Atas fakta tersebut, maka konsumsi buah-buahan sangat diperlukan oleh setiap orang.

Yang perlu menjadi catatan adalah setiap buah tidak memiliki kandungan yang sama satu dengan lainnya. Inilah yang harus jadi perhatian orang-orang dengan kondisi penyakit serius seperti diabetes.

Baca Juga: Duh… Bikin Ngeri! Ini Daftar Organ yang Terdampak Diabetes

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Dengan kondisi seperti itu, penderita diabetes tidak bisa sembarangan makan sekalipun mungkin makanan tersebut tergolong sehat. Hal ini dikhawatirkan meningkatkan gula darah yang tidak bisa dikontrol.

Pisang terkenal dengan rasa yang umumnya manis dan menghadirkan manfaat kesehatan. Pertanyaannya adalah apakah rasa manis tersebut mengakibatkan lonjakkan gula darah? Apakah pisang aman dikonsumsi penderita diabetes?

Melansir laman Medical News Today, kandungan vitamin, mineral dan serat dalam pisang dapat menambah manfaat gizi bagi penderita diabetes, asalkan tidak makan dalam porsi yang berlebihan.

Penulis sebuah penelitian kecil pada tahun 2014 memberikan porsi sarapan pisang 250 atau 500 gram (g) kepada lima belas peserta dengan diabetes tipe 2 dan 30 dengan kadar kolesterol tinggi dalam darah mereka.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Ingin Makan Kerupuk? Coba 2 Alternatif Ini, Tetap Enak!

Mereka menemukan bahwa porsi pisang tidak memiliki efek signifikan pada glukosa darah langsung setelah makan, tetapi makan porsi setiap pagi secara signifikan mengurangi glukosa darah puasa.

Namun, penulis penelitian menerima bahwa penelitian yang lebih besar akan diperlukan untuk mengkonfirmasi efek pengurangan glukosa dari pisang dengan cara yang bermanfaat secara klinis.

Sebuah studi kohort 2017 dari 0,5 juta peserta menunjukkan bahwa meskipun buah dengan indeks glikemik (GI) rendah lebih aman untuk penderita diabetes daripada buah dengan GI tinggi, keduanya dapat membantu seseorang mengurangi risiko diabetes berkembang di tempat pertama.

Baca Juga: Penting Dipahami Penderita Diabetes, Apa Itu Indeks Glikemik?

American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa penderita diabetes harus memasukkan buah ke dalam diet terkontrol, seperti makan sepotong kecil buah utuh atau setengah porsi buah besar setiap kali makan sebagai makanan penutup.

Catatan Penting

Mengutip laman Healthline, beberapa orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat perlu memperhatikan asupan karbohidrat total mereka agar tetap dalam jatah karbohidrat harian mereka. Ini berarti makanan tinggi karbohidrat, termasuk pisang, harus dibatasi pada diet rendah karbohidrat.

Jika dokter Anda mengatakan Anda bisa makan pisang, penting untuk memperhatikan kematangan dan ukuran pisang untuk mengurangi efeknya pada kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Waduh… Apakah Boleh Penderita Diabetes Makan Bakso? Tenyata Oh Ternyata…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini