Meski Boleh, Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Makan Pisang, Pilih yang…

Meski Boleh, Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Makan Pisang, Pilih yang… Kredit Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo

American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa penderita diabetes harus memasukkan buah ke dalam diet terkontrol, seperti makan sepotong kecil buah utuh atau setengah porsi buah besar setiap kali makan sebagai makanan penutup.

Pisang sebagai buah yang disukai dan dikonsumsi banyak orang dipilih karena banyak kandungan nutrisi dan gizinya.

Penderita diabeterita diabetes pun masih tergolong aman untuk mengonsumsi pisang, meski harus diperhatikan beberapa acuan agar gula darah tidak melonjak tinggi.

Baca Juga: Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Berikut beberapa tips memilih dan mengonsumsi pisang agar aman bagi penderita diabetes yang dilansir dari laman kesehatan Medical News Today.

Pertimbangkan Pisang yang Kurang Matang

Pisang mentah dapat meningkatkan gula darah lebih lambat daripada pisang matang. Pisang mentah mungkin melepaskan glukosa pada tingkat yang lebih lambat daripada pisang matang.

Pada tahun 1992, sebuah penelitian yang lebih tua dari sepuluh subyek dengan diabetes melihat kematangan pisang dalam kaitannya dengan gula darah. Para peneliti menemukan bahwa pisang hijau atau mentah cenderung memiliki efek lebih lambat pada gula darah daripada pisang matang.

Pilih Ukuran Kecil

Kontrol porsi dapat mempengaruhi jumlah gula yang dikonsumsi seseorang dalam pisang.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Ingin Makan Kerupuk? Coba 2 Alternatif Ini, Tetap Enak!

Pisang tersedia dalam berbagai ukuran. Seseorang akan mengonsumsi lebih sedikit karbohidrat jika mereka memilih pisang yang lebih kecil.

Misalnya, pisang kecil yang panjangnya 6-7 inci memiliki 23,07 gram (g) karbohidrat per porsi, sedangkan pisang ekstra besar hanya memiliki di bawah 35 g karbohidrat.

Hitung Perkiraan Kebutuhan Anda

ini tergantung pada individu, tingkat aktivitas mereka, dan bagaimana pisang mengubah gula darah mereka.

Baca Juga: Waduh… Apakah Boleh Penderita Diabetes Makan Bakso? Tenyata Oh Ternyata…

Glukosa darah beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap pisang daripada yang lain. Mengetahui bagaimana pisang mempengaruhi gula darah individu tertentu dapat membantu mereka mengelola obat-obatan dan suntikan insulin, jika perlu.

Bicaralah dengan dokter Anda atau ahli diet terdaftar tentang memasukkan pisang ke dalam rencana makan diabetes.

Mewaspadai Kaarbohidrat Berlebih

Satu pisang berukuran sedang, berukuran 7-8 inci saja mengandung sekitar 26 g karbohidrat. Bekerja dengan tim kesehatan untuk menentukan target asupan karbohidrat Anda.

Ingatlah bahwa makan pisang bersama sumber karbohidrat lain, seperti sepotong roti panggang atau sereal, berarti asupan karbohidrat keseluruhan dari makanan itu lebih tinggi. Bergantung pada saran nutrisi dari dokter, mungkin perlu untuk menukar karbohidrat pada makanan berikutnya.

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam rencana mengonsumsi pisang itu sendiri.

Baca Juga: Penderita Diabetes Masih Ingin Makan Kerupuk? Coba 2 Alternatif Ini, Tetap Enak!

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini