Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena… Kredit Foto: Unsplash/Qurratul Ayin Sadia

Alternatif herbal kini mulai menjadi pilihan lain untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari yang sifatnya tidak membahayakan samapai ke penyakit kronis. Meski demikian alternatif herbal ini tidak bisa sepenuhnya menggantikan obat-obatan medis yang dokter berikan.

Daun kelor mungkin memiliki ukuran yang kecil, tetapi jangan salah! Hal ini karena ternyata dibalik ukurannya yang kecil, daun kelor memiliki beberapa manfaat diantaranya untuk diabetes.

Lantas bagaimana daun kelor bisa bermanfaat untuk kondisi diabetes? apa saja manafaat yang bisa dihadirkan dengan mengonsumsi daun kelor?

Baca Juga: Penting untuk Kondisi Diabetes, Mari Lebih Mengenal Tipe-tipe Insulin

Melansir laman Med India, Daun kelor atau Moringa oleifera mengandung vitamin B, C, K, beta-karoten, dan protein, serta nutrisi lainnya. Penelitian telah mengungkapkan bahwa daun stik drum memiliki sifat anti-diabetes karena membantu menjaga kadar gula darah normal.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition mengungkapkan bahwa ketika studi terkontrol dilakukan pada tikus, tikus yang mengonsumsi bubuk daun stik drum menunjukkan peningkatan toleransi glukosa.

Baca Juga: Perlu Dicatat! Bikin Gula Darah Tak Terkendali, Penderita Diabetes Harus Kurangi Asupan Berikut Ini

Sifat Anti-inflamasi

Pasien dengan diabetes mellitus secara bertahap mengembangkan masalah peredaran darah yang mengarah pada komplikasi multi-organ. Alasan penting untuk ini adalah peradangan kronis dan pelepasan sitokin (protein yang mengatur peradangan) yang terlihat pada diabetes.

Daun kelor menunjukkan sifat anti-inflamasi karena glikosida fenolik yang dikandungnya dan karenanya membantu mencegah gangguan peredaran darah pada pasien diabetes.

Sifat Antioksidan

Diabetes mellitus dikaitkan dengan peningkatan stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Peningkatan jumlah radikal bebas mengakibatkan peningkatan kerentanan organ seperti hati dan ginjal terhadap kerusakan. Daun kelor mengandung bahan kimia bioaktif yang memiliki sifat antioksidan dan bertindak melawan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan oksidatif. Ini memiliki peran utama dalam pengelolaan diabetes dan komplikasinya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini