Catat! Bagus untuk Penderita Diabetes Ini Cara dan Aturan Konsumsi Daun Kelor

Catat! Bagus untuk Penderita Diabetes Ini Cara dan Aturan Konsumsi Daun Kelor Kredit Foto: Unsplash/Qurratul Ayin Sadia

Daun kelor adalah salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya untuk perawatan dan pencegahan diabetes.

Daun kelor atau Moringa oleifera mengandung vitamin B, C, K, beta-karoten, dan protein, serta nutrisi lainnya.

Seperti alternatif herbal lainnya, mengelola daun kelor harus Anda lakukan dengan tepat. Cara pengelolaan yang kurang tepat mengakibatkan kandungan nutrisi bisa hilang bahkan menjadi bahaya tersendiri ketika dikonsumi.

Dalam laman ndtv.com dijelaskan bagaimana cara mengonsumsi daun kelor yang tepat. Anda dapat mengonsumsi daun dan biji kelor dengan tiga cara berbeda – secara langsung, dijadikan bubuk, atau jus.

Baca Juga: Mengapa Penderita Diabetes Tipe 1 Memiliki Angka Harapan Hidup Lebih Rendah? Ternyata…

Anda bisa menambahkan beberapa daun kelor ke dalam air hangat dan merebusnya. Tambahkan sejumput lemon dan madu sesuai selera. Anda bisa menikmatinya sebagai teh. Daun kelor dapat ditambahkan ke sup dan atau kari.

Catatan Penting

Meski punya manfaat kesehatan, konsumsi daun kelor juga tidak bisa sembarangan. Ada efek samping tersendiri dan beberapa kondisi yang lebih baik untuk memilih tidak mengonsumsi daun kelor.

Mengutip laman kesehatan hellosehat.com, ada kemungkinan daun kelor memicu efek samping pada sebagian orang jika tidak dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

Baca Juga: Penting! Berapa Lama Penderita Diabetes Dapat Bertahan Hidup?

Ditambah lagi, tidak semua orang boleh mengonsumsi daun ini. Apabila Anda termasuk dalam kelompok berisiko di bawah, sebaiknya hindari konsumsi daun kelor:

  • ibu hamil,
  • sedang minum obat tiroid (levotiroksin),
  • sedang minum obat diabetes lain (berisiko menyebabkan kadar gula darah terlalu rendah jika dikonsumsi dengan daun kelor), dan
  • rutin minum obat hipertensi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini