Catat! Bukan Cuma Gula Darah, Diabetes Juga Berdampak pada Mata, Kok Bisa?

Catat! Bukan Cuma Gula Darah, Diabetes Juga Berdampak pada Mata, Kok Bisa? Kredit Foto: Pexels/Artem Podrez

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Jika Anda berpikir diabetes hanya meyerang gula darah dan pankreas saja maka Anda salah besar. Nyatanya diabetes juga menyerang organ tubuh lainnya, tak terkecuali mata.

Apa saja dampak diabetes pada mata? Kerusakan apa saja yang ditimbulkan diabetes terhadap mata? Berikut informasinya yang dilansir dari laman Medical News Today.

Baca Juga: Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kerupuk? Ternyata…

Pandangan yang kabur

Jangan membeli kacamata baru segera setelah Anda menyadari bahwa segala sesuatunya terlihat buram. Bisa saja itu masalah yang disebabkan oleh gula darah yang tinggi. Lensa (bagian mata) Anda bisa membengkak, yang mengubah kemampuan Anda untuk melihat.

Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengembalikan gula darah ke kisaran target (70-130 miligram per desiliter, atau mg/dL, sebelum makan, dan kurang dari 180 mg/dL 1 hingga 2 jam setelah makan). Mungkin diperlukan waktu selama 3 bulan agar penglihatan Anda kembali normal sepenuhnya.

Beritahu dokter mata Anda. Mereka dapat memberi tahu Anda jika ini adalah gejala dari masalah yang lebih serius.

Baca Juga: Penting! Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kadar Gula Darah di Atas 400 mg/dL?

Katarak

Seperti halnya kamera, lensa internal alami mata memungkinkan mata Anda melihat dan fokus pada gambar. Ketika lensa itu menjadi keruh, seperti jendela yang kotor atau buram, itu berarti katarak telah terbentuk. Siapa pun bisa mendapatkannya, tetapi penderita diabetes cenderung mendapatkannya lebih awal, dan mereka menjadi lebih buruk lebih cepat.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini