Pernah Dengar tentang Bawang Hitam? Cobain! Ini Manfaat Kesehatannya

Pernah Dengar tentang Bawang Hitam? Cobain! Ini Manfaat Kesehatannya Kredit Foto: Republika

Ragam hidangan khas Indonesia kerap menambahkan bawang putih dalam bumbunya. Selain memperkaya cita rasa, tanaman herbal ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Bawang putih juga membantu menjaga tubuh dari infeksi, pilek, dan memperlancar saluran pencernaan dan pernapasan. Bawang putih juga termasuk prebiotik yang membantu mempromosikan bakteri baik dan menghilangkan bakteri negatif.

Baca Juga: Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata…

Berbicara soal khasiat bawang putih, pernahkah Anda mencicipi bawang hitam? Bawang hitam adalah hasil dari proses fermentasi bawang putih yang disimpan dalam suhu dan kelembapan tertentu.

Ahli gizi dari India, Shonali Sabherwal, mengatakan bahwa bawang putih fermentasi mengandung bioaktif yang tinggi sehingga layak dikonsumsi setiap hari. Sesuai penelitian, proses fermentasi pada bawang putih meningkatkan kadar nutrisi dan membuatnya lebih mudah diserap oleh tubuh.

"Malahan, 90 hari setelah fermentasi, kandungan lemak dan karbohidratnya mencapai kadar tertinggi," kata Sabherwal, seperti dikutip dari The Indian Express, Selasa (19/10).

Sabherwal menyebut setelah 60 hari, kandungan protein tertinggi ditemukan pada bawang putih yang difermentasi. Menurut WebMD, komponen bioaktif dalam bawang putih fermentasi membantu fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

Baca Juga: Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bawang hitam memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, seperti bekerja sebagai antioksidan, memiliki sifat antialergi, antidiabetes, antiinflamasi, dan antikarsinogenik. Lalu, bagaimana cara memfermentasi bawang putih?

Caranya sederhana, Anda tinggal siapkan bawang putih sesuai kebutuhan lalu kupas dan simpan dalam stoples yang bersih dengan ditambahkan cengkih, air, dan garam. Setelah itu, tutup stoples dan biarkan selama tiga hingga enam pekan di tempat yang sejuk atau pada suhu kamar.

Baca Juga: Apa yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Mencapai Angka 600 ml/dL?

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini