Pengamat Bilang Anies Baswedan Punya Kans di Pilpres 2024: Tapi Suka Tak Suka Harus Cari Partai

Pengamat Bilang Anies Baswedan Punya Kans di Pilpres 2024: Tapi Suka Tak Suka Harus Cari Partai Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai Anies Baswedan masuk dalam klaster kepala daerah yang memiliki kesempatan untuk menjadi capres/cawapres pada tahun 2024.

Ujang mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan Anies Baswedan jika ingin memastikan diri untuk turut serta dalam kontestasi Pilpres 2024. Pertama, meraih dukungan publik. Dukungan publik yang memegang kunci terhadap Anies di Pilpres 2024.

"Dukungan publik itu penting karena publik yang akan menentukan langsung apakah bisa jadi capres dan cawapres," kata Ujang melalui sambungan telepon, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Rektor Pendukung Anies Baswedan Ini Tolak Deklarasi Capres 2024: Biar Pak Anies Selesaikan...

Kedua, kendaraan politik yaitu partai pengusung. "Kita tahu bahwa syarat Undang-Undang ada (presidential threshold) 20% jadi suka tidak suka, mau tidak mau Anies Baswedan kalau mau maju, maka harus cari koalisi ya, harus cari partai," ungkap Ujang.

Ketiga, elektabilitas yang tinggi. Hal ini penting untuk mendapatkan dukungan partai yang akan mengusung Anies sebagai capres/cawapres nanti. Dia mengatakan bahwa saat ini masih terbuka kemungkinan partai manapun untuk mengusung Anies sebagai capres/cawapres, namun itu semua akan tergantung dengan elektabilitasnya nanti.

"Kalau nanti sampai menjelang pendaftaran di KPU elektabilitas Anies tinggi dan bisa mengalahkan kader-kader partai lain. Maka partai-partai itu akan berbondong-bondong akan datang. Tapi kalau elektabilitas Anies cenderung turun atau stagnan gitu ya maka partai-partai tidak akan ada yang mau," katanya.

Seperti diketahui beberapa dukungan dari masyarakat untuk mencalonkan Anies sebagai presiden 2024 sudah dipublikasikan. Seperti yang terjadi hari ini komunitas masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

Meski demikian, Anies Baswedan enggan memberikan komentar terkait dukungan-dukungan tersebut. Ia mengatakan ingin fokus menyelesaikan tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Sekarang kita tuntaskan tanggung jawab semua ini," ujar Anies usai memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di DKI Jakarta Tahun 2021 di Monas, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: Jangan Kaget! Anies Maju Pilpres 2024, Alumni 212 Belum Tentu Mendukung

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini