Waduh! Enak dan Manis, Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Melon? Ternyata Oh Ternyata…

Waduh! Enak dan Manis, Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Melon? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Antara/Ampelsa

Sebagai negara yang tergolong tropis, tanah di Indonesia cocok ditanamkan berbagai jenis tanaman yang menghasilakan buah-buahan.

Tentu Anda sudah paham betapa bermanfaatnya buah-buahan bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang beranekaragam.

Baca Juga: Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata…

Bagi penderita diabetes, asupan nutrisi seperti vitamin, mineral, dll sangatlah diperlukan. Hal ini bisa didapatkan salahsatunya dengan mengnsumsi buah-buahan. Melon adalah salah satu buah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Buah manis nan menyegarkan ini memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya.

Pertanyaannya adalah apakah penderita diabetes boleh mengonsumsi buah melon? Apakah ada dampak tersendiri jika penderita diabetes mengonsumsi melon?

Melansir laman kesehatan Healthline, Melon mengandung berbagai macam nutrisi dan senyawa tanaman yang mungkin bertanggung jawab atas banyak potensi manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan seperti melon, secara teratur dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat.

Sebuah studi tujuh tahun baru-baru ini pada setengah juta orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi buah segar setiap hari memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk terkena diabetes, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah.

Pada peserta yang sudah menderita diabetes pada awal penelitian, makan buah setidaknya tiga kali per minggu menyebabkan risiko 13-28% lebih rendah mengalami komplikasi kesehatan terkait diabetes di samping risiko kematian dini 17% lebih rendah.

Meskipun melon mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah Anda untuk sementara, melon juga menyediakan serat dan nutrisi lain yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dari waktu ke waktu.

Catatan Penting

Meski tergolong aman untuk mengonsumsi melon, penderita diabetes harus menyadari beberapa ketentuan khusus terkait konsumsi buah-buahan pada umumnya. Makan melon dan buah-buahan lainnya khususnya yang memiliki rasa manis harus dalam hitungan wajar. Tidak boleh makan dalam porsi besar untuk mencegah gula darah melonjak tinggi.

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam rencana mengonsumsi buah melon itu sendiri.

Baca Juga: Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini