Penting untuk Cegah Diabetes, Ternyata Oh Ternyata… Ini Jumlah Asupan Gula yang Aman Bagi Tubuh

Penting untuk Cegah Diabetes, Ternyata Oh Ternyata… Ini Jumlah Asupan Gula yang Aman Bagi Tubuh Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Kadar gula darah erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kronis diabetes. Meski bukan satu-satunya pernyebab, kadar gula darah yang tidak normal memang menjadi mimpi buruk bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Apa yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Mencapai Angka 600 ml/dL?

Bagi Anda yang mungkin saat ini belum mendapat diagnosis diabetes, menerapkan pola hidup sehat adalah hal penting agar kesehatan bisa lebih terjamin. Salah satunya mengurangi konsumsi harian gula yang mungkin tanpa Anda sadari mencapai level yang tinggi.

Dan yang perlu diingat adalah gula bukan saja gula tambahan yang ada pada teh atau kopi yang Anda minum. Bahkan di bahan-bahan alami seperti buah-buahan juga terdapat kandungan gula yang penderita diabetes juga mesti pahami.

Sebenarnya berapa asupan gula yang aman bagi tubuh?

Sebagai gambaran, data yang disajikan laman kesehatan Verywell Health menunjukkan konsumsi asuspan gula bagi orang amerika. Sayangnya, orang Amerika makan terlalu banyak gula. Mereka tampaknya tidak tahu di mana batas dari konsumsi asupan gula terlepas dari apakah mereka menderita diabetes atau tidak.

Baca Juga: Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata…

Sebuah survei nasional yang diterbitkan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang dewasa Amerika rata-rata mengonsumsi setidaknya 77 gram gula tambahan per hari. Anak-anak ditemukan makan mengejutkan 82 gram. Sebagai gambaran agar mudah dipahami, 4 gram gula sama dengan 1 sendok teh.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan jumlah asupan gula sebagai berikut:

  • Pria: 36 gram (9 sendok teh)
  • Wanita: 24 gram (6 sendok teh)
  • Anak-anak usia 2 hingga 18 tahun: kurang dari 24 gram (6 sendok teh)

Jika Anda menderita diabetes, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan menyarankan agar Anda makan lebih sedikit gula daripada rekomendasi AHA.

Namun kembali perlu diingat bahwa jumlah asupan gula yang masuk ke tubuh Anda bukan hanya sekedar tambahan gula yang disengaja. Banyak makanan atau minuman yang tanpa disaadari juga mengandung gula, yang mana hal itu harus menjadi pertimbangan kalkulasi jumah gula harian Anda.

Baca Juga: Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam kalkulasi asupan gula harian itu sendiri.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini