Penting! Ini Risiko Kesehatan Jika Penderita Diabetes Tidak Berolahraga

Penting! Ini Risiko Kesehatan Jika Penderita Diabetes Tidak Berolahraga Kredit Foto: Unsplash/Derick McKinney

Untuk mencapai target gula darah yang normal bagi penderita diabetes, dibutuhkan keseluruhan usaha yang mencakup pola hidup sehat. Termauk dalam usaha hidup sehat adalah dengan berolahraga.

Olahraga erat kaitanya dengan penanganan kondisi diabetes seseorang. Manajemen gula darah yang baik yang selama ini dikaitkan degan diabetes juga diwujudkan dengan aktif bergerak atau berolahraga.

Baca Juga: Catat! Bukan Cuma Gula Darah, Diabetes Juga Berdampak pada Mata, Kok Bisa?

Sebaliknya, jika penderita diabetes tidak aktif bergerak atau berolahraga. Banyak risiko kesehatan berupa keluhan penyakit akan datang.

Berikut dampak bagi penderita diabetes yang tidak aktif berolahraga, sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today.

Kebugaran kardiovaskular rendah

Tidak berolahraga menghasilkan tingkat kebugaran kardiovaskular yang lebih rendah, yang dapat menjadi masalah khusus bagi penderita diabetes karena risiko penyakit kardiovaskular mereka dua hingga empat kali lebih tinggi daripada orang tanpa kondisi tersebut.

Beberapa masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas, berkontribusi pada peningkatan risiko ini.

Kebugaran kardiovaskular yang rendah sangat berkorelasi dengan peningkatan risiko kematian dari semua penyebab pada individu dengan diabetes.

Baca Juga: Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Peningkatan kadar glukosa darah

Tanpa efek olahraga, glukosa darah tetap lebih tinggi daripada yang seharusnya. Studi menghubungkan peningkatan kadar A1C dengan komplikasi diabetes yang berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah.

Glukosa darah tinggi merusak pembuluh darah dengan cara yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kerusakan retina, yang dapat menyebabkan kebutaan.

Olahraga membantu menjaga glukosa darah pada tingkat yang sehat. Kadar glukosa darah yang sehat mencegah kerusakan pada pembuluh darah.

Baca Juga: Dahsyat! 'Hajar Balik' Hipertensi dengan Mengonsumsi Buah-buahan Berikut Ini

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini