Penting! Ternyata Ini Hubungan Diabetes Bagi Kesehatan Lambung

Penting! Ternyata Ini Hubungan Diabetes Bagi Kesehatan Lambung Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Selama ini dampak diabetes ke organ lainnya yang disebut adalah jantung, pankreas dan ginjal, organ lambung masih tergolong jarang diangkat dan diketahui umum.

Baca Juga: Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Lambung adalah organ penting dalam sistim pencernaan seseorang. Sebenarnya adakah hubungan atau dampak diabetes pada organ lambung?

Melansir laman kesehatan diabetes.co.uk, kontrol makanan dan memperhatikan apa yang Anda makan sangat penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2, dan ini dapat menjadi lebih rumit dengan timbulnya masalah lambung (perut).

Masalah lambung biasanya lebih sering terjadi pada penderita diabetes yang memiliki kondisi lebih lama, dan sebagian besar disebabkan oleh neuropati yang mempengaruhi saraf tertentu dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Yang paling penting adalah saraf vagus, yang mengontrol banyak fungsi perut.

Kerusakan saraf dapat terjadi sebagai akibat dari hiperglikemia yang berkepanjangan. Oleh karena itu, orang yang menderita penyakit ini lebih lama cenderung memiliki kadar glukosa darah yang cukup tinggi untuk merusak saraf.

Heart burn dan diabetes

Istilah "heart burn" sangat menyesatkan, hal ini karena tidak ada hubungannya dengan jantung. Ini adalah masalah perut yang terjadi ketika asam lambung bersentuhan dengan kerongkongan. Kerongkongan adalah tabung tempat makanan turun saat Anda menelan dan berakhir di perut.

Baca Juga: Dahsyat! Coba Mulai Minum Kopi Hitam Tanpa Gula, Manfaat Kesehatannya Bikin Ketagihan

Penderita diabetes kadang-kadang dapat menderita sakit maag akibat kerusakan saraf yang mengontrol sfingter esofagus bagian bawah, atau katup di pintu masuk lambung.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini