Pengamat Sebut Airlangga Siap Hadapi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Pengamat Sebut Airlangga Siap Hadapi Prabowo Subianto di Pilpres 2024 Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menargetkan partai yang dipimpinnya bisa menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Airlangga dinilai siap bersaing dan membentuk poros untuk perebutan kursi RI-1.

Terkait itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin, memaknai pernyataan Airlangga sebagai kode kesiapan maju di Pilpres 2024. Dengan ucapan itu, ia menyebut Menko bidang Perekonomian tersebut siap berhadapan dengan tokoh lain yang digadang-gadang maju sebagai bakal capres seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, hingga Puan Maharani.

Baca Juga: Golkar Blak-Blakan: Khofifah Cocok Buat Airlangga, Jalan Kemenangan Sangat Terbuka!

Menurut dia, manuver Airlangga dengan pernyataannya wajar. Dengan posisi sebagai ketua umum parpol, mesti memberikan optimisme kapada jajaran kader.

"Makna ucapan Airlangga bahwa Golkar serius dalam soal pencapresan. Jika Golkar mengusung Airlangga dan didukung partai koalisi lain, bisa saja akan bersaing dengan Prabowo, Anies, Ganjar, dan lain lain," kata Ujang, melansir VIVA, Kamis (21/10/2021).

Dia mengatakan, sikap pede Airlangga itu juga untuk memberikan spirit kepada para kader agar berjuang maksimal. Selain itu, agar mampu membantu mendongkrak elektabilitas partai. Menurut Ujang, kini tinggal tergantung mesin Golkar untuk menghadapi peta persaingan Pilpres 2024.

"Kelihatannya dia (Airlangga) optimistis akan maju. Artinya, dia sudah siap berhadap-hadapan dengan capres lainnya. Soal kans menang, tergantung Golkar memainkan mesin politiknya," jelas Ujang.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto bicara tegas soal target Golkar bisa menang di Pilpres 2024. Dari Partai Golkar, nama Airlangga memang digadang-gadang akan maju sebagai bakal capres 2024.

"Untuk pemilihan presiden, minimal harus menang. Jadi maksimalnya silakan dicari, tapi minimal harus capres kita menang," kata Airlangga di sela acara HUT ke-57 Golkar di kantor DPP, Jakarta, Rabu, 20 Oktober 2021.

Pun, ia menyinggung target kemenangan Golkar di Pilkada dan Pileg 2024. Seperti diketahui, pilpres, pileg, dan pilkada jadi rangkaian pemilu serentak 2024. Dengan sisa sekitar tiga tahun lagi, kader Golkar diminta mempersiapkan diri secara optimal untuk menghadapi 2024.

Sementara, elite Golkar menyampaikan aspirasi kader ingin Airlangga maju sebagai capres 2024. Ketua DPP Golkar Ave Hasan Syadzily berharap ada deklarasi resmi terkait dukungan terhadap Airlangga.

Dia mengatakan dengan percepat deklarasi resmi untuk Airlangga sebagai bakal capres maka bisa meningkatkan elektabilitas. Ia tak menampik elektabilitas Airlangga masih rendah di sejumlah survei.

"Jadi, keputusan untuk mendukung dan mencalonkan Bapak Airlangga, tentu harus jauh-jauh hari kita tegaskan," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2021.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini