KYB Project Berikan Napas Baru bagi Industri Desain Kreatif

KYB Project Berikan Napas Baru bagi Industri Desain Kreatif Kredit Foto: PT Ide Dua Cipta

PT Ide Dua Cipta resmi memperkenalkan KYB Project, sebuah gerakan kreatif berkelanjutan yang mengolah limbah konsumsi harian menjadi bahan baku multiguna yang berpotensi dapat dimanfaatkan dalam pengembangan aneka produk kebutuhan sehari-hari. Dengan menggandeng multipihak dan komunitas, PT Ide Dua Cipta memperkenalkan alternatif bahan baku terbarukan untuk praktik usaha kreatif yang berkelanjutan.

Berangkat dari kesadaran akan gaya hidup sekitar dan kebutuhan produksi studio anak perusahaannya ONX Idea Studio, KYB Project mengembangkan metode pengolahan hulu ke hilir yang berkelanjutan dan nyaris tanpa limbah. Terobosan produksi almost zero waste ini dikembangkan melalui rangkaian riset kreatif menggunakan konsumsi energi tepat guna dan bahan dasar bio-chemical sehingga mendukung terciptanya ekosistem sirkular. Limbah hasil proses produksi aman untuk dimanfaatkan lebih lanjut untuk keperluan industri lain atau untuk kebutuhan produksi berikutnya (reuse).

Baca Juga: Kantongi Sertifikat Carbon Credit, PGE Dukung Net Zero Emission Hingga 2,6 Juta TON CO2 e/Tahun

"Saya mulai sadar pentingnya memulai riset KYB Project ketika melihat kondisi sekitar dan kebutuhan studio akan materi produksi, di mana saya banyak bersinggungan dengan limbah konsumsi sehari-hari termasuk bahan produksi studio, puntung rokok, ampas kopi, bekas gelas kopi, hingga masker yang digunakan selama beraktivitas," ujar Rony Rahardian, Direktur Utama PT Ide Dua Cipta, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (21/10).

Bahan baku hasil KYB Project sengaja dikembangkan untuk memiliki potensi multiguna yang aman digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan produksi lain. "Materi KYB Project sangat mungkin dipakai untuk kebutuhan produksi lain seperti mode termasuk aksesoris mode, perabotan dan dekorasi rumah, kebutuhan industrial, hingga kebutuhan modifikasi desain otomotif. Tidak menutup penerapannya untuk kebutuhan produksi industri lain ke depannya," tambah Rony lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Rony yang lebih sering dikenal sebagai seniman dengan nama "Rebellionik" menyampaikan, peluncuran KYB Project merupakan milestone penting bagi PT Ide Dua Cipta dalam menjawab tantangan untuk terus menciptakan terobosan-terobosan kreatif yang segar sekaligus mendukung agenda pemerintah akan pengembangan ekonomi kreatif berkelanjutan dan bertanggung jawab (circular economy). Komitmen ini pun sejalan dengan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menerapkan kewajiban Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan oleh seluruh lembaga jasa keuangan (LJK).

Keseriusan akan komitmen ini juga PT Ide Dua Cipta tunjukkan dengan mendaftarkan hak paten atas inovasi kreatif KYB Project ke Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Indonesia.

PT Ide Dua Cipta menyadari keterlibatan masyarakat dan kolaborasi multipihak memegang peranan penting agar KYB Project tetap terus berinovasi dan menghasilkan terobosan kreatif yang bermanfaat bagi bersama. Selama 2 tahun terakhir, PT Ide Dua Cipta menggandeng 15 kedai kopi yang tersebar di 3 kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.

Mitra kedai kopi ini menjadi titik pengumpulan limbah konsumsi terdekat di kota-kota tersebut untuk kemudian dibawa seluruhnya dan diolah di KYB Mini Lab di Bandung. Khusus di kota Bandung dan Jakarta, pengambilan limbah yang berhasil terkumpul dilakukan oleh Westbike Messenger, jasa pengantaran dengan moda sepeda.

"Saya berharap KYB Project dapat menginspirasi dan menggerakkan banyak masyarakat juga mitra strategis lain untuk terlibat dalam upaya pengembangan produksi dan pengumpulan limbah konsumsi kami. Tidak hanya di tiga kota ini saja, semoga KYB Project bisa menjangkau kota lain di Indonesia," harap Rony yang tengah menjajaki Bali untuk pengembangan produksi KYB Project selanjutnya.

Saat ini, PT Ide Dua Cipta sedang menyiapkan kolaborasi KYB Project bersama para seniman muda kenamaan dan komunitas kreatif yang akan diluncurkan pada bulan Desember mendatang. PT Ide Dua Cipta akan terus bergerak secara dinamis menghadirkan inovasi produk kreatif berbahan dasar KYB Project dan ragam pemanfaatannya. Ajakan masyarakat untuk terlibat dalam gerakan kreatif berkelanjutan ini akan disalurkan ke dalam kegiatan pengumpulan limbah, kegiatan berbagi wawasan dan praktik baik seperti seminar, workshop, dan pameran yang terbuka bagi pegiat desain, riset dan pengembangan, maupun produksi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini