Ambil Tindakan yang Tepat saat Anak Alami Gejala Flu di Masa Pandemi

Ambil Tindakan yang Tepat saat Anak Alami Gejala Flu di Masa Pandemi Kredit Foto: Unsplash/Vitolda Klein

Sejak awal virus corona baru, fokus utama dokter dan profesional medis tetap pada virus SARs-COV-2. Namun, lonjakan jumlah kasus flu baru-baru ini telah membuat banyak orang khawatir. 

Anak-anak tetap rentan dan berisiko besar mengalami gejala flu parah. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua, yang rentan terhadap virus influenza. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) sebelumnya menekankan bagaimana kasus flu selama 2020 hingga 2021 sangat rendah. Mengingat orang-orang menggunakan masker, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk tetap aman dari Covid-19, menjaga jarak, itu semua membantu mengekang penyebaran penyakit pernapasan lainnya.

Baca Juga: Dahsyat! 'Hajar Balik' Hipertensi dengan Mengonsumsi Buah-buahan Berikut Ini

Namun, dengan ketersediaan vaksin dan penurunan jumlah kasus Covid-19, orang-orang menjadi lebih santai dan kurang waspada, yang menyebabkan peningkatan kasus flu secara tiba-tiba juga. Hal ini mengkhawatirkan para ahli, yang telah memperingatkan kemungkinan twindemic.

"Anak-anak di bawah 5 tahun (terutama mereka yang lebih muda dari 2 tahun), berisiko lebih tinggi terkena komplikasi serius terkait flu," ujar CDC seperti dilansir di laman Times of India, Rabu (21/10).

Konon, dibandingkan dengan flu biasa, infeksi flu lebih berbahaya dan mengkhawatirkan bagi anak-anak. Ketika datang kepada anak kecil, penyakitnya muncul lebih cepat dari yang Anda bayangkan dan mungkin mulai berdampak serius pada anak dalam dua atau tiga hari pertama. Sesuai pedoman CDC, membuat diri Anda dan anak Anda divaksinasi flu adalah cara terbaik untuk melindungi anak-anak.

Baca Juga: Jangan Salah! Daun Kelor Sangat Bagus untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Gejala umum flu pada anak-anak adalah demam atau kedinginan, sakit kepala, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, pegal-pegal, diare dan mual. Meskipun gejala ringan dapat ditangani di rumah dan dengan perawatan yang tepat, penyakit ini dapat disembuhkan dalam waktu singkat, ada tanda-tanda yang dapat mengindikasikan komplikasi parah.

Beberapa di antaranya seperti demam dan menggigil yang memburuk, dehidrasi, gangguan pernapasan dan sesak napas, sianosis, perubahan warna kebiruan pada kulit, pneumonia atau infeksi paru-paru berat. Jika anak Anda menunjukkan salah satu dari tanda-tanda ini, pastikan untuk menghubungi dokter Anda dan segera mencari bantuan medis.

Untuk menjaga keselamatan anak, mengikuti perilaku yang sesuai dengan Covid-19 adalah apa yang membuat Anda melewati musim flu biasa tahun lalu, tahun ini lagi, jika Anda ingin menjaga kesehatan anak Anda, imbau mereka untuk memakai masker, menjaga jarak sosial, mempraktikkan kebersihan tangan dan lagi. Pastikan anak Anda mendapatkan vaksinasi flu.

Meskipun pembatasan telah dicabut dan banyak yang divaksinasi, kekuatan kombinasi Covid-19 dan flu sama mematikannya seperti sebelumnya.

Baca Juga: Meski Boleh, Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Makan Pisang, Pilih yang…

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini