Mengejutkan, Viking Ternyata Bermukim di Amerika Berabad-abad Sebelum Christopher Columbus

Mengejutkan, Viking Ternyata Bermukim di Amerika Berabad-abad Sebelum Christopher Columbus Kredit Foto: Getty Images

Viking memiliki pemukiman di Amerika Utara tepat seribu tahun yang lalu, berabad-abad sebelum Christopher Columbus tiba di benua itu, kata sebuah penelitian.

Para ilmuwan mengatakan teknik penanggalan baru menganalisis cincin pohon telah memberikan bukti bahwa Viking menduduki sebuah situs di Newfoundland, Kanada, pada 1021AD.

Baca Juga: Mengejutkan, Wanita Indonesia Berusia 7.000 Tahun Mungkin Bisa Ubah Pandangan Soal Manusia Purba

Sudah lama diketahui bahwa orang Eropa mencapai Amerika sebelum kedatangan Columbus di Dunia Baru pada tahun 1492.

Tapi ini adalah pertama kalinya para peneliti menyarankan tanggal yang tepat.

Menulis di jurnal Nature, para ilmuwan mengatakan mereka telah menganalisis lingkaran pohon dari tiga potong kayu yang dipotong untuk pemukiman Norse di L'Anse aux Meadows.

Mereka mengatakan bahwa menggunakan sinyal radiokarbon atmosfer yang dihasilkan oleh badai matahari tertanggal sebagai referensi, mereka dapat menyematkan "tahun penebangan pohon yang tepat" menjadi 1021, dikutip laman BBC, Jumat (22/10/2021).

Badai matahari seperti itu --ledakan besar radiasi dari Matahari yang menghantam Bumi-- diketahui terjadi pada tahun 992 M, kata para ilmuwan. Hal ini memungkinkan mereka untuk menentukan tanggal yang lebih akurat dari perkiraan sebelumnya untuk kamp sekitar 1000AD.

"Asosiasi potongan-potongan ini dengan Norse didasarkan pada penelitian terperinci yang sebelumnya dilakukan oleh Parks Canada," kata studi tersebut, menambahkan bahwa ada bukti jelas bahwa sampel kayu telah dimodifikasi dengan peralatan logam.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini