Keras! China Kutuk Hubungan Mesra Uni Eropa dengan Taiwan

Keras! China Kutuk Hubungan Mesra Uni Eropa dengan Taiwan Kredit Foto: AP Photo/Andy Wong

China mengecam keras dan dengan tegas menolak apa yang disebut laporan tentang hubungan politik dan kerja sama antara Uni Eropa (UE) dan Taiwan yang diadopsi oleh Parlemen Eropa.

China juga mendesak Parlemen Eropa untuk segera menghentikan kata-kata dan perbuatannya yang merusak kedaulatan dan integritas teritorial China, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri mengatakan pada Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Wacana Uni Eropa Dekatkan Diri dengan Taiwan Undang Amarah Besar China, Ini Alasannya...

Melansir Xinhua, Jumat (22/10/2021), juru bicara Wang Wenbin membuat pernyataan pada jumpa pers harian ketika menjawab pertanyaan tentang adopsi yang disebut laporan tentang hubungan politik dan kerja sama antara UE dan Taiwan oleh Parlemen Eropa.

Wang mengatakan hanya ada satu China di dunia dan Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China. Prinsip satu-China adalah konsensus internasional dan landasan politik hubungan diplomatik China dengan UE.

Laporan yang diadopsi oleh Parlemen Eropa merupakan pelanggaran serius terhadap norma-norma dasar hubungan internasional, prinsip satu-China dan komitmen yang dibuat oleh UE mengenai masalah Taiwan, kata Wang.

“Parlemen Eropa harus segera menghentikan kata-kata dan perbuatannya yang merusak kedaulatan dan integritas teritorial China dan menghentikan provokasi dan konfrontasi. Kami mendesak pihak-pihak terkait untuk tidak meremehkan resolusi, tekad, dan kemampuan kuat rakyat China untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial," dia berkata.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini