Apakah Kondisi Diabetes Seseorang Menyebabkan Mual?

Apakah Kondisi Diabetes Seseorang Menyebabkan Mual? Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Kondisi ini melahirkan komplikasi atau damapk kesehatan, mulai dari yang sifatnya kronis sampai yang sifatnya sampingan.

Baca Juga: Apakah Ketumbar Punya Manfaat Kesehatan untuk Penderita Diabetes?

Mungkin kita semua pernah merasakan mual dalam hidup. Mual disebabkan oleh banyak faktor. Tapi apakah kondisi diabetes seseorang juga berperan pada mual?

Melansir laman kesehatan Medical News Today, dalam kebanyakan kasus, mual bersifat sementara dan tidak berbahaya. Namun, di samping gejala lain, ini dapat mengindikasikan komplikasi diabetes yang lebih serius.

Baca Juga: Waduh! Enak dan Manis, Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Melon? Ternyata Oh Ternyata…

Orang dengan diabetes juga mungkin mengalami mual terkait diabetes. Baik diabetes tipe 1 dan tipe 2 melibatkan masalah dengan insulin dan kadar glukosa dalam darah, yang dapat menyebabkan dua peristiwa yakni hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dan hipoglikemia (kadar gula darah rendah).

Baik hiperglikemia maupun hipoglikemia dapat membuat seseorang merasa mual.

Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk:

  • disorientasi
  • kelemahan
  • masalah penglihatan
  • pingsan
  • kejang

Tanpa pengobatan, penderita diabetes akan mengalami kejadian hipoglikemia dan hiperglikemia berulang. Seiring waktu, ini dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan, seperti syok insulin, ketoasidosis diabetikum, dan neuropati diabetik.

Baca Juga: Penting! Apakah Pisang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes? Ternyata Oh Ternyata…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini