Kalau Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Presiden Jokowi Ketiban Durian Runtuh: Apalagi 2024 Ada...

Kalau Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Presiden Jokowi Ketiban Durian Runtuh: Apalagi 2024 Ada... Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro

Jika Jenderal Andika Perkasa jadi Panglima TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal ketiban durian runtuh. Analisis pengamat ini bikin kaget.

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa memberikan perhatian khusus terhadap KSAD Andika Perkasa. Pasalnya, Andika Perkasa digadang-gadang menjadi panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjono yang akan pensiun di November 2021.

Baca Juga: Soal Calon Panglima TNI, Komisi I DPR: Tak Perlu Buru-Buru Pak Jokowi...

Herry mengatakan ada sebuah keuntungan jika Andika Perkasa menjadi panglima TNI untuk Presiden Jokowi.

"Jokowi akan diuntungkan soal ini. Apalagi tahun 2024 ada dua momentum politik yakni Pemilu dan selesainya jabatan Presiden," katanya sebagaimana dikutip dari GenPI.co.

Dia mengatakan tingkat kepercayaan terhadap keamanan Indonesia bisa meningkat. "Jika Andika tetap menjadi panglima TNI, sepertinya muncul optimisme optimalisasi terhadap stabilitas sektor pertahanan dan keamanan nasional," ujarnya.

Akan tetapi, ada persoalan jika Andika Perkasa menjadi panglima TNI. Itu lantaran Andika Perkasa akan pensiun pada November 2022.

"Andika menjadi panglima kurangnya ada dari sisi waktu kepemimpinannya yang pendek," katanya.

Kondisi itu dirinya nilai kurang efektif dalam menjalankan masa jabatan sebagai panglima.

Baca Juga: Adu Kuat Dua Nama Calon Panglima TNI, Andika Perkasa atau Yudo Margono?

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini