Jokowi Maruf Amin Sudah 2 Tahun, Airlangga Hartarto Bilang Ini

Jokowi Maruf Amin Sudah 2 Tahun, Airlangga Hartarto Bilang Ini Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberi tanggapan soal pencapaian dua tahun kepemimpinan Presiden Jokowi-Maruf Amin.

Menurutnya, capaian pemerintah dalam bidang ekonomi ialah Indonesia berhasil menempati peringkat keempat negara G20 pada tahun 2020.

Baca Juga: Anak Buah AHY Kasih Kritik Tajam ke Jokowi: Belum Pernah Mencapai Indeks Demokrasi di Era Bapak SBY

"Keberhasilan itu tidak lepas dari keberhasilan dari upaya pemerintah dalam pengendalian pandemi covid-19," ucap Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (22/10/2021).

Airlangga menerangkan Indonesia berhasil menahan kontraksi ekonomi sebesar 2,07 persen year on year (yoy).

Selain itu, pemerintah juga berhasil mendorong ekonomi tumbuh sebesar 7,07 persen di Triwulan kedua pada 2021.

"Konsumsi pemerintah terus memegang peranan aktif dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi selama pandemi," jelasnya.

Dengan demikian, Ketua Umum Golkar itu menyebutkan upaya tersebut bisa mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga dan investasi pemerintah.

Sementara itu, pemerintah turut berhasil memulihkan permintaan domestik sehingga membuat seluruh sektor mengalami pertumbuhan positif.

"Pemulihan itu sektor utama, yakni industri pengolahan, perdagangan, kontruksi, dan transportasi yang mulai bangkit kembali," tutur dia.

Baca Juga: Kalau Andika Perkasa Jadi Panglima TNI, Presiden Jokowi Ketiban Durian Runtuh: Apalagi 2024 Ada...

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini