Mahfud MD: Koruptor Itu Didominasi Orang Perguruan Tinggi

Mahfud MD: Koruptor Itu Didominasi Orang Perguruan Tinggi Kredit Foto: Instagram/Mahfud MD

Menko Polhukam Mahfud MD memberikan fakta menarik terkait maraknya tindakan korupsi di Indonesia. Ia menyebut, sampai hari ini jumlah koruptor di Indonesia mencapai 1.298 orang.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam acara silaturahmi Menko Polhukam Dengan Senat dan Dewan Profesor Undip dan Forkopimda Jawa Tengah yang digelar secara virtual, Kamis, (21/10).

Baca Juga: Tragis, Diungkap Mahfud Pinjol Sampai Memakan Korban

"Pelaku korupsi di Indonesia dari data per hari ini 1.298 orang, sedangkan lulusan perguruan tinggi itu 17,06 juta," ujar Mahfud.

Berdasarkan data tersebut, kata Mahfud, jumlah koruptor dari perguruan tinggi dari lulusannya itu tidak sampai 0,00001 persen.

Dia menambahkan, persentase jumlah lulusan perguruan tinggi yang menjadi terpidana kasus korupsi terbilang sedikit.

Namun, jika dilihat dari sudut pandang koruptor sebanyak 1.298 orang, 86 persennya terpidana kasus korupsi dari lulusan perguruan tinggi.

"Koruptor itu didominasi orang perguruan tinggi, tetapi bukan berarti perguruan tinggi mencetak koruptor," kata Mahfud.

Oleh karena itu, Mahfud meminta perguruan tinggi memperkuat nilai-nilai kepancasilaan dan mengajarkan bahwa korupsi bertentangan dengan Pancasila. 

Baca Juga: Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Partai Politik, Ini Peringkatnya

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini