Restui Sukmawati Pindah Agama Hindu adalah Bukti bahwa Keturunan Bung Karno Bersikap Pancasilalis

Restui Sukmawati Pindah Agama Hindu adalah Bukti bahwa Keturunan Bung Karno Bersikap Pancasilalis Kredit Foto: Antara/Meli Pratiwi

Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna mengungkapkan alasan Sukmawati Sukarnoputri yang memutuskan pindah agama dari Islam ke Hindu.

Orang dekat trah Sukarno di Bali mengungkapkan bahwa keputusan itu merupakan murni urusan pribadi Sukmawati sendiri.

"Alasan ibu sukmawati pindah agama adalah ranah pribadi yang mana keputusan ini sudah dipertimbangkan matang-matang dan saya sebagai saksi sejarah yang sudah mendampingi beliau selama 20 tahun berjuang di PNI dan Soekarno Center, saya memang melihat bahwa memang Ibu Sukmawati sudah bertahun-tahun gandrung akan ajaran agama-agama Hindu," kata Arya kepada wartawan.

"Suka datang ke pura, ke candi, vihara sering sharing terkait dengan masalah-masalah kebangsaan dan ini mungkin pengaruh dari ibunda Bung Karno yang juga nenek beliau yaitu Nyoman Rai Srimben asal Buleleng. Jadi kita tahu bahwa ibunda Proklamator kita adalah seorang wanita Hindu, Bali," terangnya.

Selain itu, Sukmawati masuk hindu juga sudah melalu perjalanan spirituil dan bimbingan leluhur hingga akhirnya keputusan pindah ke agama Hindu dilakukan tepat di usianya ke-70 tahun.

"Tentunya dengan izin keluarga, tentunya putra putri beliau, mas Paundra, mbak Menur dan juga dari saudara-saudara beliau seperti ibu Megawati, Guntur, Guruh dan almarhum Rachmawati," tandasnya.

Restu dari para keluarga Sukarno tersebut diklaim sebagai cerminan sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Semoga ini menjadi awal yang baik utuk beliau karena sudah menemukan satu pilihan, tentu ini sebuah sikap Pancasilais dan membuktikan bahwa keluarga Bung Karno memang mengayomi seluruh agama dan keyakinan," terangnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini