Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata…

Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata… Kredit Foto: Unsplash/Joanna Kosinska

Kadar gula darah erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kronis diabetes. Meski bukan satu-satunya pernyebab, kadar gula darah yang tidak normal memang menjadi mimpi buruk bagi penderita diabetes.

Bagi Anda yang mungkin saat ini belum mendapat diagnosis diabetes, menerapkan pola hidup sehat adalah hal penting agar kesehatan bisa lebih terjamin. Salah satunya mengurangi konsumsi harian gula yang mungkin tanpa Anda sadari mencapai level yang tinggi.

Baca Juga: Apakah Kondisi Diabetes Seseorang Menyebabkan Mual?

Sayangnya masih banyak orang atau mungkin Anda yang menganggap gula hanya ada pada tambahan pemanis dalam kopi dan teh. Padahal kandungan gula terdapat pada beberapa makanan ataupun minuman yang mungkin sering kita makan.

Ketidaktahuan ini sangatlah berbahaya karena meningkatkan risiko lonjakkan gula darah pada seseorang terutama penderita diabetes. Salah satu dari makanan tersebut adalah nasi, khususnya nasi putih. Nasi putih sering direkomendasikan untuk dijauhi atau paling tidak dikurangi jumlah asupannya.

Hal ini karena beras/nasi putih kaya akan karbohidrat bertepung dan dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba setelah makan, yang menyebabkan komplikasi kesehatan pada penderita diabetes.

Baca Juga: Apa yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Mencapai Angka 600 ml/dL?

Namun ternyata alternatif pilihan nasi yang lebih sehat juga ada. Nasi atau beras tersebut adalah beras hitam. Bagaimana bisa?

Melansir laman ndtv.com, beras hitam sebenarnya dapat membantu pasien diabetes tipe-2 mengatur gejala atau dampak diabetes itu sendiri.

Kandungan dan Manfaat Kesehatan Beras Hitam

Warna unik dari beras hitam adalah karena adanya antosianin di dalam biji-bijian makanan. Antosianin adalah pigmen yang larut dalam air yang juga ada dalam makanan seperti blueberry, raspberry, terong, dll. dan ini memiliki kemampuan antioksidan.

Baca Juga: Penderita Diabetes Makan Tape, Memangnya Boleh? Ternyata Makanan Fermentasi…

Mereka bertindak melawan radikal bebas dan karenanya, membantu penderita diabetes mendapatkan perlindungan dari kerusakan sel dan melawan peradangan. Antosianin juga bagus untuk melindungi fungsi jantung. Beras hitam juga kaya serat, yang membantu dalam pelepasan glukosa secara lambat dalam darah, mencegah lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Jumlah serat dalam beras hitam mirip dengan beras merah. Beras hitam adalah biji-bijian utuh dan memiliki dedak dan endosperm utuh, yang membuatnya kaya akan serat, yang dicerna perlahan oleh tubuh. Oleh karena itu, beras hitam juga meningkatkan rasa kenyang dan dapat membantu Anda melawan obesitas, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Dari penjelasan di atas maka sudah jelas bahwa beras hitam menghadirkan manfaat kesehatan bagi penderita diabetes. Namun penting untuk selalu mengonsultasikan kepada tenaga kesehatan dengan maksud kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam memasukkan beras hitam dalam pola diet sehat Anda.

Baca Juga: Waduh! Enak dan Manis, Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Melon? Ternyata Oh Ternyata…

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini