Ini Cara Pencegahan dan Penanganan Gangguan Sendi (Bengkak, Kaku, dll) pada Penderita Diabetes

Ini Cara Pencegahan dan Penanganan Gangguan Sendi (Bengkak, Kaku, dll) pada Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Cats Coming

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Diabetes dapat melukai, menegang, bahkan melumpuhkan bahu, pergelangan tangan, jari, dan persendian lainnya.

Baca Juga: Waduh! Ternyata Oh Ternyata... Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Diabetes

Untuk mengatasi gangguan sendi pada tangan, lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya termasuk bengkak pada tangan dan kaki, maka cara umum yag bisa dilakukan adalah menerakan pola hidup yang sehat. Ini mencakup kontrol asupan makanan dan rutin melakukan aktivitas fisik agar gula darah dapat dalam kisaran normal.

Namun untuk lebih memaksimalkan lagi pencegahan dan penanganan masalah ini, berikut kami rangkum dari laman Diabetes Self Management untuk Anda.

Lakukan Perenggangan

Pada beberapa kondisi, memang melakukan perenggangan akan menimbulkan rasa sakit. Yang perlu Anda ketahui adalah mugkin itu hanyalah “lingkaran setan” sehingga Anda tidak mau melakukan perenggangan. Sangat penting untuk memutus siklus itu dengan menggerakkan sendi, meskipun sedikit sakit (tetapi tidak parah).

Baca Juga: Ini Alternatif Sarapan Terbaik untuk Penderita Diabetes, Sehat Tetap Enak!!!

Jika rasa sakit saat perenggangan dalam batas wajar maka itu tidak jadi masalah, teteapi jika Anda merasa hal itu sangat tidak mungkin dilakukan, maka Anda perlu mengujungi terapis untuk mendapatkan saran dan penanganan.

Menggunakan Metode Panas-Dingin

Menurut MedicineNet, panas melemaskan tendon yang kaku, sementara dingin mengurangi rasa sakit dan bengkak. Anda mungkin ingin menggantinya atau mencoba untuk melihat mana yang bekerja lebih baik untuk Anda.

Obat pereda nyeri

Jika diperlukan, obat antiinflamasi seperti ibuprofen dapat membantu. Terkadang Anda perlu mengambilnya (meminumnya) untuk dapat melakukan peregangan.

Pijat

Pusat Medis Universitas Maryland melaporkan bahwa pijatan telah terbukti meredakan nyeri dan kejang dengan membantu otot-otot menjadi rileks, dengan memberikan suplai oksigen dan darah yang kaya nutrisi, dan dengan membuang area iritasi kimia yang berasal dari peradangan.

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam rencana melakukan pencegahan dan penanganan masalah sendi bagian tubuh (bengkak kaki-tangan dll).

Baca Juga: Waduh! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Gorengan? Ternyata Oh Ternyata…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini