Ketum PP Muhammadiyah Bilang Penduduk Mayoritas Muslim Tapi Juga Paling Banyak Orang Miskinnya

Ketum PP Muhammadiyah Bilang Penduduk Mayoritas Muslim Tapi Juga Paling Banyak Orang Miskinnya Kredit Foto: Antara/Wahyu Putro A

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan meskipun ummat Islam di Indonesia mayoritas tapi masih belum bisa menjalin persaudaraan antar sesama atau ukhuwah Islamiyah yang kohesif.

Meski keragaman merupakan sunatullah, tapi di beberapa kesempatan yang mengharuskan untuk menyatukan langkah, umat Islam masih sulit melakukannya.

"Lebih-lebih menyangkut politik jelas susahnya kita untuk mencari titik temu,” kata Haedar di acara Pembukaan Musyawarah Pimpinan Wilayah (Musypimwil) Muhammadiyah Kalimantan Tengah pada (23/10).

Menurutnya, saat ini selain masalah yang disebutkan di atas, batu sandungan terbesar yang menganjal umat Islam Indonesia untuk maju adalah terkait dengan sosial-ekonomi.

Sebab, pada realitanya umat Islam yang mayoritas di Indonesia pada dua aspek tersebut belum mayoritas maupun kualitas, masih kalah dari kelompok-kelompok lain. Meski sebagai mayoritas, namun umat Islam Indonesia kesejahteraan hidupnya mayoritas juga masih berada di bawah kemiskinan.

Tidak hanya itu, mereka juga mengalami kesulitan dalam kesehatan, mata pencaharian, pendidikan, bahkan juga dalam artikulasi politik. Terlebih dalam urusan politik, umat Islam acapkali posisinya hanya sebagai ‘obyek menderita’ dan obyek penyerta.

"Biarpun kita punya identitas politik keislaman dan berbagai atribut ekonomi Islam, perbankan syariah, tapi belum bisa mendongkarak kekuatan ekonomi umat”. tegasnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini