Waspada! Mata Merah Bisa Mengindikasikan Gula Darah Tinggi, Tanda Diabetes?

Waspada! Mata Merah Bisa Mengindikasikan Gula Darah Tinggi, Tanda Diabetes? Kredit Foto: VIUUM

Diabetes merupakan kondisi kesehatan yang serius dan rumit. Ada dua jenis diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Namun, yang umum diderita banyak orang adalah diabetes tipe 2, karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sementara diabetes tipe 1, disebabkan karena faktor keturunan.

Sederhananya, diabetes adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki terlalu banyak gula dalam darahnya, sehingga harus berjuang untuk mengatur kadar gula darahnya agar tetap normal.

Namun, gula darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi parah, termasuk kehilangan penglihatan. Apakah kamu tahu, kapan harus menemui dokter tentang kondisi mata terkait diabetes?

Baca Juga: Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata…

Dilansir dari Express (24/10/21), untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, kamu harus menerapkan gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan rendah gula dan berusaha mempertahankan berat badan yang sehat.

Jika gagal mengelola diabetes, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, termasuk kebutaan. Mata merah merupakan salah satu tanda peringatan bahwa gula darah seseorang tinggi dan dapat mengancam penglihatan.

Jika seseorang menderita gula darah tinggi atau hipoglikemia, hal ini dapat memengaruhi matanya. Ini karena gula darah tinggi memengaruhi pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat memengaruhi pembuluh di bagian belakang mata.

Retinopati diabetik adalah nama dari kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di retina. Dalam kasus terburuk, jika tidak diobati, dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: Diabetes Sebabkan Pikun, Duh… Kata Siapa? Baca Ini!

Biasanya, retinopati diabetik tidak menunjukkan gejala apapun sampai kondisinya menjadi sangat parah. Jadi, mendeteksinya sejak dini adalah kunci untuk menyelamatkan penglihatan.

Tanda-tanda awal dapat terlihat jika melakukan pemeriksaan mata tahunan. Pemeriksaan ini harus dilakukan oleh semua penderita diabetes yang berusia di atas 12 tahun.

Namun, jika kamu merasakan salah satu gejala berikut, saatnya untuk memeriksakannya ke dokter.

  • Penglihatan semakin memburuk
  • Mendadak tidak bisa melihat
  • Floaters (bayangan berbentuk bintik atau garis yang tampak mengambang atau melayang-layang pada penglihatan)
  • Penglihatan kabur
  • Mata merah.

Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini