Kisah Perusahaan Raksasa: Deutsche Bank, Perbankan Besar Jerman yang Bertahan Lebih dari 150 Tahun

Kisah Perusahaan Raksasa: Deutsche Bank, Perbankan Besar Jerman yang Bertahan Lebih dari 150 Tahun Kredit Foto: Shutterstock

Deutsche Bank AG adalah salah satu penyedia layanan keuangan dan perbankan terbesar di dunia. Berkantor pusat di Deutsche Bank Twin Towers, di Frankfurt, Jerman, dan merupakan bank Jerman. Namanya telah terdaftar sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia menurut Fortune Global 500 tahun 2020.

Melansir Fortune, kekayaan atau total pendapatan yang dimiliki Deutsche Bank adalah 41,78 miliar dolar AS per tahun. Sayangnya tahun 2020 ini adalah masa yang buruk untuk bank itu sebab ia tercatat merugi ribuan persen hingga keuntungannya -6,03 miliar dolar.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Singkirkan Pesaing Lain, Sanofi Ranking ke-3 Pembuat Obat Dunia

Meski begitu, Deutsche Bank adalah dealer valuta asing terbesar di tahun 2006. Itu juga merupakan komponen dari indeks pasar saham STOXX Europe 50 sampai delisting pada 8 Agustus 2016.

Dikutip Warta Ekonomi dari Success Story, Deutshe Bank didirikan pada tahun 1870 di Berlin. Pemerintah Prusia memberikan lisensi perbankan pada 10 Maret 1870.

Direktur awal adalah Wilhelm Platenius, Georg Siemens dan Hermann Wallich sementara cabang domestik pertama dan kedua dibuka di Bremen dan Hambug masing-masing pada tahun 1871 dan 1872.

Bank telah berkembang dari kekuatan ke kekuatan sejak awal hampir 150 tahun yang lalu.

Sejak dekade 1990-an, bank asal Jerman itu telah melakukan sejumlah akuisisi. Dimulai sejak 1990, dengan mengakuisisi Morgan Grenfell, Bankers Trust (1998), Investasi Scudder (2001), RREEF (Dana Ekuitas Real Estat Rosenberg, 2002), Berkshire Mortgage Finance (2004), Chapel Funding (sekarang DB Home Lending, 2006), dan yang terakhir HipotekIT pada 3 Januari 2007.

Dalam dekade saat ini, menghadapi kerugian senilai 3,9 miliar Euro pada tahun 2008, tetapi bangkit kembali.

Tidak banyak keuntungan bagi bank internasional selama beberapa tahun terakhir, tetapi perlahan-lahan mulai menemukan tempatnya. Situasi ekonomi di seluruh dunia telah tegang dan banyak bank gulung tikar.

Tetapi Deutsche bank berhasil mempertahankan dirinya sendiri karena operasi dan sejarahnya.

Bank menjalankan operasinya dari menara kembar di Frankfurt- yang sekarang hampir menjadi simbol bank itu sendiri. Lebih dari 100.000 karyawan di lebih dari 70 negara memastikan operasi internasional bank.

Eropa, Amerika, Asia-Pasifik, dan pasar negara berkembang lainnya adalah tempat utama mereka bertransaksi. Paul Achleitner adalah Ketua saat ini sementara John Cyran adalah CEO Deutsche Bank saat ini.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini