Air Kencing Penderita Diabetes Rasanya Manis, Duh… Kata Siapa? Baca Ini!

Air Kencing Penderita Diabetes Rasanya Manis, Duh… Kata Siapa? Baca Ini! Kredit Foto: Istimewa

Diabetes yang berkaitan dengan kadar gula darah dalam tubuh sering dikaitkan degan berbagai masalah turunan kesehatan lainnya.

Sebut saja risiko penyakit jantung dan gagal ginjal yang sangat terkait dengan kondisi diabetes seseorang. Berkaitan dengan masalah ginjal, diabetes juga dikatkan dengan kondisi air kencing/urine seseorang.

Baca Juga: Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata…

Ginjal yang rusak tdak bisa lagi melakukan fungsinya yakni membuang limbah dari darah dan mengembalikan darah yang telah dibersihkan kembali ke tubuh. Gagal ginjal berarti ginjal tidak lagi mampu membuang limbah dan mempertahankan tingkat cairan dan garam yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kondisi tersebut, seringkali menimbulkan masalah pada air kencing/urine seseorang, khususnya penderita diabetes. Gula darah yang tinggi sering dianggap menyebabkan air kencing penderita diabetes memiliki rasa manis, ini juga berkaitan dengan istilah kencing manis yang juga merujuk pada penyakit diabetes. Tetapi apakah itu benar?

Berbau Manis

Melansir laman kesehatan Medical News Today, air kencing atau urine dapat mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan seseorang. Jadi, meskipun mungkin terasa aneh untuk mendiskusikan bau urin dengan dokter, penting bagi seseorang untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan jika mereka melihat perubahan mendadak pada penampilan atau bau urin mereka.

Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

Urine mungkin berbau manis jika mengandung glukosa ekstra, yang merupakan sejenis gula. Diabetes adalah penyebab umum dari hal ini, tetapi bau urin seseorang juga dapat berubah karena alasan lain.

Karena urin membantu tubuh membuang limbah, diet dan asupan cairan seseorang dapat memengaruhi penampilan dan bau urin mereka.

Makanan Berperan Besar Terhadap Bau atau Aroma Air Kencing

Perubahan bau atau aroma urin ini bisa disebabkan oleh sesuatu yang baru saja dimakan seseorang. Misalnya, asparagus dapat memberikan bau yang sangat kuat pada urin.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini