Apakah Penderita Diabetes Boleh Bekerja? Ternyata Oh Ternyata…

Apakah Penderita Diabetes Boleh Bekerja? Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam

Mengalami sakit tentu menjadi kesulitan tersendiri bagi semua orang apalagi jika memiliki segudang aktivitas. Mengalami masuk angin yang ringan saja sangat merugikan seseorang karena pastinya mobilitas mereka tidak seefektif saat sehat.

Jika penyakit ringan saja sudah menyulitkan, apalagi penyakit kronis yang berat, sebut saja diabetes. Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Baca Juga: Waduh! Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Mencabut Gigi, Hal Ini karena…

Diabetes dikenal sebagai “gerbang awal” dari hadirnya penyakit kronis lainnya. Kerusakan organ tubuh yang diakibatkan diabetes, memungkinkan kondisi itu terjadi.

Dari gambaran tersebut terbayangkan betapa tidak mudahnya menjalani hidup dengan diabetes. Dari kondisi itu muncul pertanyaan, apakah penderita diabetes bisa aktivitas normal seperti bekerja?

Melansir laman Disability Benefits Help, diabetes dapat menyebabkan sejumlah gejala, yang sebagian besar terkait dengan kadar gula darah tinggi dan termasuk rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, penurunan berat badan, penglihatan kabur, kelaparan ekstrem atau konstan, dan kelelahan.

Meskipun ini adalah tanda-tanda penyakit, itu juga merupakan tanda bahwa kadar gula darah terlalu tinggi bahkan pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat oral atau insulin.

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Mempertimbangkan Stop Minum Jus Mangga, Wah! Memangnya Kenapa?

Dengan diet yang tepat, olahraga harian yang moderat, jadwal tidur yang konsisten dan penggunaan obat resep yang tepat, termasuk insulin, sebagian besar penderita diabetes dapat mengendalikan gejala dasar penyakit ini dan terus bekerja seperti biasa.

Namun ada komplikasi yang dapat timbul dengan penyakit ini, termasuk masalah penglihatan/mata seperti kepekaan terhadap cahaya dan bahkan kebutaan. Kerusakan saraf, atau neuropati, masalah pencernaan, masalah metabolisme, dan seringnya luka dan infeksi pada kulit dan kaki juga dapat menjadi salah satu komplikasi yang harus dihadapi diabetes.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini