Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Jus? Jangan Sembarangan! Ternyata Oh Ternyata…

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Jus? Jangan Sembarangan! Ternyata Oh Ternyata… Kredit Foto: Foto/Istimewa.

Konsumsi makanan sehat adalah penting untuk mendapat tubuh yang sehat. Sayur dan buah adalah di antara makanan sehat yang bisa dikonsumsi agar tubuh bisa fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Salah satu metode atau cara mengonsumsi buah dan sayuran adalah dengan dibuat sebagai jus. Bukannya tanpa alasan, cara ini memang punya beberapa kelebihan praktis dibanding dengan cara lainnya.

Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

Jus juga mudah divariasikan sesuai dengan keinginan. Rasa alami dipadukan dengan es dan tambahan sepertii susu, madu, dll menjadikannya favorit oleh banyak orang.

Pertanyaannya adalah apakah apakah jus cocok dan tepat untuk mencapai taraf kesehatan untuk semua orang? Bagaimana dengan kondisi khusus seperti diabetes?

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Melansir laman laman kesehatan Healthline, banyak jus buah dan sayuran mengandung nutrisi tertentu yang berfungsi sebagai prebiotik. Istilah "prebiotik" mengacu pada jenis karbohidrat tertentu yang memberi makan bakteri sehat yang hidup di usus Anda dan meningkatkan kesehatan pencernaan

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Mempertimbangkan Stop Minum Jus Mangga, Wah! Memangnya Kenapa?

Sebuah studi jangka pendek pada 20 orang dewasa sehat menemukan bahwa minum 96 ons (2,8 liter) jus segar per hari selama 3 hari - sementara tidak termasuk semua makanan lain - secara positif mengubah komposisi bakteri usus dan mendorong penurunan berat badan hingga 2 minggu setelah intervensi.

Masalah Utama

Minum jus 100% tidak terkait dengan peningkatan risiko diabetes, meskipun mungkin bukan pilihan terbaik bagi mereka yang sudah memiliki kondisi tersebut.

Baca Juga: Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata…

Sementara jus adalah sumber nutrisi bermanfaat yang terkonsentrasi, jus juga merupakan sumber karbohidrat terkonsentrasi dalam bentuk gula.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini