Duh Apa Benar Buah Tin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes? Ternyata…

Duh Apa Benar Buah Tin Bermanfaat untuk Penderita Diabetes? Ternyata… Kredit Foto: Unsplash/Jocelyn Morales

Mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan sangatlah dibutuhkan semua orang agar tubuh dapat sehat dan terhidar dari berbagai macam penyakit.

Sayangnya, bagi penderita diabetes sekalipun makanan tergolong pada makanan sehat seperti buah dan sayuran mereka tidak bisa sembarangan makan, ada beberapa kandungan dalam buah ataupun sayur bisa memicu lonjakkan gula darah.

Buah tin atau buah ara seringkali dikaitkan dengan manfaat kesehatan. Bahkan dalam teks-teks keagamaan buah tin juga disebutkan yang semakin meyakinkan bahwa buah ini memiliki manfaat kesehatan.

Baca Juga: Duh Aduh… Ngeri Banget! Selain Menyerang Organ Tubuh, Diabetes Juga Menyerang Saraf, Kok Bisa?

Tetapi apakah penderita diabetes boleh makan buah tin? Apa saja dampak yang mungkin ditimbulkan buah tin ketika dikonsumsi penderita diabetes?

Melansir laman food.ndtv.com Meski tergolong tinggi gula, buah tin juga dianggap cukup aman untuk dimasukkan dalam diet diabetes.

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood menjelaskan buah ara (Tin) sangat tinggi serat dan meskipun manis, kandungan serat yang tinggi pada buah ara (tin) yang memastikan bahwa semua gula tidak segera dilepaskan ke dalam sistem.

Tetapi sekali lagi, itu tidak berarti Anda bisa memiliki (mengonsumsi) terlalu banyak dari buah tin sekaligus. Untuk penderita diabetes, sangat penting untuk berlatih moderasi.

Baca Juga: Penderita Diabetes Perlu Mempertimbangkan Stop Minum Jus Mangga, Wah! Memangnya Kenapa?

Buah tin adalah sumber serat yang fantastis. Buah tin segar, yang memiliki kulit keunguan dan daging buah kemerahan bisa menjadi camilan sehat di tengah makan. Menurut USDA, buah tin kecil dengan diameter sekitar 1,5 inci mengandung 1,2 gram serat. Sebuah buah tin besar dengan diameter sekitar 2,5 inci memiliki 1,9 gram serat.

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk memiliki makanan yang tinggi serat. Serat membutuhkan waktu paling lama untuk dicerna. Karena tidak dimetabolisme dengan cepat, ada pengaturan kadar gula darah yang lebih baik dalam tubuh Anda.

Bukan hanya buahnya, bahkan daunnya ternyata bermanfaat dalam meningkatkan sensitivitas insulin pada tikus percobaan, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemico-Bilogical Interactions. Ada penelitian hewan lain yang diterbitkan pada tahun 2003, yang penelitian tersbut, ekstrak buah tin terbukti memiliki efek normalisasi pada asam lemak darah dan vitamin.

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi diabetes Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam rencana Anda mengonsumsi jus dlam diet sehat Anda.

Baca Juga: Waduh! Penderita Diabetes Tidak Boleh Asal Mencabut Gigi, Hal Ini karena…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini