Penting! Ini Tips Aman Bekerja untuk Penderita Diabetes

Penting! Ini Tips Aman Bekerja untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Sora Shimazaki

Terlepas dari betapa mengerikannya kondisi diabetes, dengan penaganan dan perawatan yang tepat para penderita diabetes bisa tetap bekerja sebagaimana orang-orang pada umumya.

Meskipun demikian, tidak bisa dimungkiri mereka yang menderita diabetes harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan mereka selama melakukan pekerjaan.

Baca Juga: Apa Benar Tangan yang Bengkak Mengindikasikan Masalah Diabetes? Duh, Ternyata…

Hal pertama jika Anda penderita diabetes dan ingin melakukan pekerjaan sebagaimana orang lain lakukan adalah temui dokter untuk mendapatkan saran dan masukan. Tanpa tinjauan atau pemeriksaan medis dari dokter, jangan sekali-kali memutuskan sendiri untuk memulai melakukan aktivitas berkerja.

Tetapi jika Anda telah mendapat 'lampu hijau’ dari dokter ataupun tenaga kesehatan lainnya dan Anda merasa telah siap sangat penting untuk menerapkan panduan yang bisa membuat Anda lebih aman melakukan pekerjaan dengan kondisi diabetes.

Berikut beberapa tips yang penderita diabetes bisa lakukan saat memutuskan untuk bekerja sebagaimana orang lain lakukan yang dilansir dari laman Proactive Health Labs.

Baca Juga: Duh Aduh… Ngeri Banget! Selain Menyerang Organ Tubuh, Diabetes Juga Menyerang Saraf, Kok Bisa?

Jangan rahasiakan kondisi Anda. Rahasia membuat stres, dan "menyelinap" terus-menerus untuk memeriksa gula darah Anda atau minum obat dapat dibaca sebagai sesuatu yang lebih mengkhawatirkan, seperti penggunaan narkoba atau mencoba mencari pekerjaan lain. Rekan kerja yang simpatik akan menerima telepon Anda atau mewakili Anda di rapat sampai Anda selesai dengan tugas yang diperlukan.

Cobalah untuk tetap aktif. Meja berdiri menjaga metabolisme dan energi Anda sepanjang hari. Jika memungkinkan, istirahatlah untuk berdiri, berjalan, atau meregangkan tubuh. Dimungkinkan untuk menyelinap dalam beberapa latihan, bahkan dalam bentuk hanya berjalan ke kantor pos.

Kelola stres. Bernapas dalam-dalam dan meditasi teratur dapat mengurangi lonjakan gula stres tersebut, karena dapat menghindari multitasking.

Simpan camilan sehat. Pra-makan atau memiliki simpanan camilan sehat di kantor dapat membuat Anda bahagia sementara orang lain di kantor makan donat yang dilapisi rasa dan warna buatan. Banyak perusahaan pengiriman makanan ringan yang sehat sekarang ada; rekan kerja Anda bahkan mungkin terinspirasi oleh pilihan camilan sehat Anda.

Nikmati hidup sehat. Hanya karena Anda harus melakukan beberapa penyesuaian bukan berarti Anda tidak bisa tetap menikmati diri sendiri. Anda mungkin harus membuat beberapa kompromi, seperti menukar minuman beralkohol dengan minuman nonalkohol khas pada jam-jam bahagia misalnya, tetapi Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menikmati manfaat dari kehidupan yang sehat dan bahagia.

Baca Juga: Diabetes Sebabkan Pikun, Duh… Kata Siapa? Baca Ini!

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini