Anda Perlu Waspada Jika Mengalami Diare Tanpa Sebab, Bisa Jadi Itu Tanda Kanker...

Anda Perlu Waspada Jika Mengalami Diare Tanpa Sebab, Bisa Jadi Itu Tanda Kanker... Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Gangguan pada pencernaan kerap menghambat aktivitas namun sayangnya dianggap sepele oleh sebagian masyarakat. Padahal, bisa saja kanker usus besar mengintai jika terlalu mengabaikan gangguan pada pencernaan tersebut.

Sama seperti kanker pada umumnya, kanker usus besar pun tak memiliki gejala di awal stadium. Karenanya, dokter spesialis bedah digestif Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. dr. Wifanto Saditya Jeo, Sp.B-KBD, menyebut perlu kesadaran masyarakat agar bisa mencegahnya, termasuk gejala ringan sekalipun.

Baca Juga: Waspada! Mata Merah Bisa Mengindikasikan Gula Darah Tinggi, Tanda Diabetes?

"Kanker ini berisiko terjadi pada segala usia, baik kelompok muda maupun tua serta bisa menyerang pria dan wanita. Pada kelompok usia muda, biasanya disertai gejala yang lebih buruk,” jelas Dokter Wifanto dalam acara virtual peresmian Pusat Pelayanan Terpadu Siloam Digestive Center, baru-baru ini.

Biasanya, gejala awal pada kanker usus besar bermula dengan benjolan kecil berupa polip. Benjolan ini yang bisa berkembang menjadi ganas apabila tak tertangani. Saat benjolan terlanjur besar, pertumbuhannya pun tak terkendali.

"Secara umum, kanker usus besar adalah kanker yang terjadi pada usus besar dan ditandai dengan tumbuhnya benjolan yang tidak terkendali," terangnya.

Pada awal tumbuhnya polip, gejala yang kerap dialami cenderung ringan seperti gangguan buang air besar yang berdarah hingga sembelit. Tak sedikit pula yang mengalami diare hingga penurunan berat badan tanpa sebab.

Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

Atau diare tanpa sebab yang jelas. Selain itu, sering kali juga diikuti dengan rasa sakit pada perut, mudah lelah, dan menurunnya berat badan," ungkapnya.

Maka dari itu, Dokter Wifanto menganjurkan agar pola makan sehat dijalani demi mencegah terjadi gangguan pencernaan ini. Caranya mudah, seperti mengonsumsi makanan tinggi serat, batasi daging merah dan olahan, serta minuman beralkohol.

Juga, pola hidup sehat dengan rajin berolahraga selama 30 menit dalam 5 kali seminggu. Hindari merokok dan lakukan skrining secara rutin. Apabila mengalami keluhan terkait saluran cerna, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat

"Apabila mengalami keluhan terkait saluran cerna, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Sebagai salah satu pusat unggulan di bidang pengobatan digestif, Siloam Hospitals Kebon Jeruk resmi membuka Siloam Digestive Center mulai hari ini," imbuhnya.

Baca Juga: Apa Benar Tangan yang Bengkak Mengindikasikan Masalah Diabetes? Duh, Ternyata…

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini