Kisah Perusahaan Raksasa: TJX, Departement Store Amerika yang Andalannya Diskon Gede-gedean

Kisah Perusahaan Raksasa: TJX, Departement Store Amerika yang Andalannya Diskon Gede-gedean Kredit Foto: Shutterstock

The TJX Companies Inc adalah perusahaan departemen store dan mode rumah dengan harga diskon terbesar di Amerika Serikat. Menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia, Fortune Global 500 mencantumkan namanya di peringkat ke-292 dengan total pendapatan (revenue) mencapai 41,71 miliar dolar tahun 2020.

Perusahaan yang bermarkas di Framingham, Massachusetts ini sukses membukukan performa apik dalam kerja finansialnya di tahun 2020. Keuntungannya naik 6,9 persen dengan 24,14 miliar dolar, dan berkat itu peringkatnya melambung 25 angka dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Deutsche Bank, Perbankan Besar Jerman yang Bertahan Lebih dari 150 Tahun

Melansir, Funding Universe, Warta Ekonomi akan menuliskan kisahnya dalam perusahaan raksasa sebagai berikut. Mulanya, akar dari The TJX Companies dimulai tahun 1977 ketika toko T.J. Maxx dibuka sebagai bagian dari departemen stor-nya milik Zayre. Lantas 10 tahun kemudian, Zayre mendirikan perusahaan The TJX sebagai anak perusahaan.

paruh pertama tahun 1988, toko Zayre mengalami kerugian operasional sebesar $69 juta dari penjualan sebesar 1,4 miliar dolar. Pengamat menyalahkan inferioritas teknologi, pemeliharaan yang buruk, harga yang tidak pantas, dan tumpukan persediaan, dan Zayre tampak siap untuk diambil alih. Namun, sepanjang semua ini, anak perusahaan The TJX Companies terus menghasilkan keuntungan.

Pada Oktober 1988, Zayre Corp. memutuskan untuk memfokuskan energinya pada TJX. Ini menjual seluruh rantai hampir 400 toko Zayre ke Ames Department Stores Inc. Sebagai gantinya, perusahaan menerima 431,4 juta dolar tunai, catatan piutang, dan apa yang kemudian dihargai $140 juta dari saham preferen konvertibel senior kumulatif Ames.

Perusahaan terus fokus pada bisnis intinya, menjual operasi yang tidak terkait termasuk Klub Grosir BJ dan Klub Rumah, meninggalkannya hanya dengan satu merek, T.J. Maxx. Pada bulan Juni 1989, Zayre Corp mengakuisisi kepemilikan minoritas di TJX dan bergabung dengan anak perusahaan, mengubah namanya dari Zayre Corp menjadi The TJX Companies Inc dalam prosesnya. Perusahaan yang baru bernama itu mulai berdagang di Bursa Efek New York.

Encyclopedia menuliskan TJX berkembang menjadi divisi merek toko tambahan, dan pada saat yang sama pertama kali menjadi internasional, saat memasuki pasar Kanada dengan mengakuisisi rantai Winners lima toko sekitar 1990. Dua tahun kemudian, ia meluncurkan merek ketiganya, HomeGoods, di Amerika Serikat.

Pada tahun 1990, TJX berkembang menjadi divisi merek toko tambahan, dan pada saat yang sama pertama kali menjadi internasional, saat memasuki pasar Kanada dengan mengakuisisi rantai Winners lima toko. Dua tahun kemudian, ia meluncurkan merek ketiganya, HomeGoods, di Amerika Serikat.

Ekspansi TJX di luar Amerika Utara terjadi pada tahun 1994, ketika divisi merek keempat, T.K. Maxx, didirikan di Inggris Raya, dan kemudian diperluas ke Irlandia. Pada tahun 1995, TJX menjadi dua kali lipat ketika mengakuisisi Marshalls, merek kelimanya. T.J.Maxx dan Marshalls kemudian dikonsolidasikan sebagai dua merek di bawah satu divisi, The Marmaxx Group.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini