Partai Komunis China akan Meloloskan Resolusi Menantang Tentang Kebijakan Luar Negerinya

Partai Komunis China akan Meloloskan Resolusi Menantang Tentang Kebijakan Luar Negerinya Kredit Foto: Shutterstock/Roman Pilipey

Partai Komunis China (PKC) telah mengumumkan rencana untuk mengeluarkan resolusi pada pertemuan politik mendatang sebagai tanda pembangkangan kepada komunitas internasional.

Kantor media pemerintah China Xinhua melaporkan bahwa resolusi tersebut berkaitan dengan sejarah Partai Komunis dan bahwa dua resolusi sebelumnya yang dibuat dalam situasi yang sama telah menandakan perubahan besar dalam arah partai.

Baca Juga: Partai Komunis China di PBB Rayakan Ulang Tahun ke-50 Ternyata Memperingati...

Radio Free Asia melaporkan bahwa ringkasan konten yang diterbitkan oleh Xinhua adalah “pendek pada detail sejarah tertentu dan panjang pada deklarasi tentang masa depan China” di bawah kepemimpinan Xi Jinping. Ini diatur untuk menggarisbawahi kebijakan luar negeri China yang semakin agresif.

“Kedua resolusi sebelumnya disahkan pada tahap kritis bagi PKC, menandai era baru di China,” lapor Xinhua pada 18 Oktober lalu.

Resolusi sebelumnya tentang sejarah PKC telah mengisyaratkan perubahan besar-besaran dalam garis partai, dan juga menandakan kekuasaan faksi-faksi tertentu di dalam partai, menurut Patricia Thornton, seorang profesor politik di Universitas Oxford.

“Rilis berita menunjukkan resolusi baru ini bukan hanya putaran kemenangan untuk (PKC): nadanya menantang, bahkan kasar, mengklaim bahwa Partailah yang mengizinkan 'rakyat (China) untuk berdiri setelah diperbudak (dan) diintimidasi selama lebih dari satu abad di era modern',” tulis sang profesor.

“Dengan anggukan penegasan pada wacana 'prajurit serigala' dalam beberapa bulan (dan) tahun terakhir, ia mencatat (PKC) telah 'semakin mengkonsolidasikan posisi internasional (China),' menghubungkan ini dengan tema baru PKC tentang satu abad perjuangan sejarah (menyarankan juga melanjutkan perjuangan ke depan),” tambah sang profesor.

"'(PKC) & orang-orang Tiongkok dengan sungguh-sungguh menyatakan kepada dunia bahwa, berdasarkan perjuangan heroik dan ulet mereka, (China) telah membuat lompatan besar dari berdiri menjadi kaya dan menjadi kuat dan bahwa peremajaan besar Bangsa China kini telah memasuki (tahap baru) dalam proses sejarah yang tidak dapat diubah.' Tema persatuan (nasional) #China, perlawanan terhadap perlawanan yang dirasakan dari komunitas (internasional) (dan) impor kesulitan (dan) perjuangan mendominasi," dia menambahkan.

"Selanjutnya menyerukan 'seluruh Partai' untuk 'mengingat bahwa ia tumbuh subur di bawah kesulitan, merana dalam ketenangan, dan harus mengantisipasi bahaya di masa damai,'" tambahnya.

“Jika bahasa rilis berita mencerminkan nada resolusi, ini akan secara signifikan menyimpang dari bahasa dan nada dua resolusi Partai sebelumnya tentang sejarah Partai (1945 dan 1981), yang keduanya menandai perubahan yang cukup dramatis dalam kebijakan Partai dan berlatih tetapi tampaknya tidak mengadu [China dan PKC] melawan dunia.”

“Resolusi sejarah partai juga berfungsi untuk mengkonsolidasikan keseimbangan kekuasaan & *sumber daya* di antara divisi internal partai di tangan satu faksi, dan berusaha untuk mengakhiri kompetisi, divisi & perjuangan internal,” kata Thornton.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini