Penderita Diabetes Makan Daging? Hmm, Penting! Pahami Dulu tentang Hal Ini

Penderita Diabetes Makan Daging? Hmm, Penting! Pahami Dulu tentang Hal Ini Kredit Foto: Fajar Sulaiman

Kadar gula darah erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kronis diabetes. Meski bukan satu-satunya pernyebab, kadar gula darah yang tidak normal memang menjadi mimpi buruk bagi penderita diabetes.

Untuk menjaga kadar gula darah, cara utama yang bisa dilakukan adalah menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Air Kencing Penderita Diabetes Rasanya Manis, Duh… Kata Siapa? Baca Ini!

Kondisi ini membuat konsekuensi tersendiri untuk penderita diabetes agar tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman. Jika salah dalam mengonsumsi makanan dan minuman, maka bisa fatal akibatnya.

Daging tidak diragukan lagi memiliki manfaat kesehatan, meski kita tidak boleh menutup mata akan risiko kesehatan yang juga ada di dalamnya.

Olahan masakan daging sangat banyak di Indonesia, pertanyaannya adalah apakah penderita diabetes boleh makan daging? Apakah ada dampak tersendiri?

Melansir laman Heatlhline, American Diabetes Association (ADA) tidak membuat rekomendasi untuk sepenuhnya menghilangkan daging atau jenis makanan apa pun untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Jus? Jangan Sembarangan! Ternyata Oh Ternyata…

Dalam Standar Perawatan Medis dalam Diabetes 2021 mereka, ADA merekomendasikan makan sumber protein tanpa lemak, yang mungkin termasuk daging tanpa lemak.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition tidak menemukan hubungan antara konsumsi daging dan kadar glukosa darah atau insulin yang lebih tinggi pada mereka yang sudah menderita diabetes tipe 2.

Mereka yang menderita diabetes tidak harus ‘membuang’ daging sepenuhnya, tetapi mungkin ide yang baik untuk memilih sumber daging dengan bijak.

Selain berfokus pada jenis daging yang Anda beli, siapkan daging Anda menggunakan metode memasak berkaitan dengan bumbu dan cara masak yang dipakai. Dan tidak lupa jumlah asupan daging yang masuk ke tubuh.

Baca Juga: Catat dan Tanam Ya Kalau Perlu, Ini Tanaman yang Baik untuk Penderita Diabetes

Catatan Penting

Terlepas dari kandungan yang ada di dalam daging, pengelolaan atau cara masak daging juga berperan besar dalam penentuan apakah konsumsi daging aman atau tidak untuk penderita diabetes.

Sebut saja aneka bumbu dan bahan tambahan yang bisa saja berdampak pada lonjakkan gula darah dalam tubuh.

Pada tahun 2018, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care mengidentifikasi hubungan potensial antara konsumsi daging menggunakan metode memasak api terbuka dan suhu tinggi, dan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Harap Dicatat Ya, Ini Buah-buahan yang Bisa Bantu Turunkan Darah Tinggi

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini