Apa Itu IP Address?

Apa Itu IP Address? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel

Setiap kali Anda berada di internet, IP address memainkan peran penting dalam pertukaran informasi untuk membantu Anda melihat situs yang telah diminta. Namun, ada kemungkinan Anda belum mengetahui secara apa itu IP address. Jadi, kali kita akan membahas seluk beluk IP address dan bagaimana cara kerjanya.

Apa Itu IP Address?

Alamat IP Anda adalah pengidentifikasi unik, seperti alamat surat, yang berkaitan dengan aktivitas online Anda. Setiap kali Anda menggunakan internet (belanja online, mengirim email, streaming film), Anda meminta akses ke tujuan online tertentu, dan sebagai imbalannya, informasi dikirimkan kembali kepada Anda. Bagaimana cara kerjanya? IP adalah singkatan dari Internet Protocol, yang menjabarkan standar dan aturan (atau dikenal sebagai protokol) untuk merutekan data dan menghubungkan ke internet. Protokol ini adalah seperangkat aturan yang harus diikuti oleh setiap pihak untuk memungkinkan aliran data dua arah.

Baca Juga: Apa Itu MATLAB?

Bagaimana Cara Kerja IP Address?

Jika Anda ingin memahami mengapa perangkat tertentu tidak terhubung seperti yang Anda harapkan atau Anda ingin memecahkan masalah mengapa jaringan sedang tidak berfungsi, maka Anda perlu memahami cara kerja alamat IP.

Internet Protocol bekerja dengan cara yang sama seperti bahasa lain, yaitu dengan berkomunikasi menggunakan pedoman yang telah ditetapkan untuk menyampaikan informasi. Semua perangkat menemukan, mengirim, dan bertukar informasi dengan perangkat lain yang terhubung menggunakan protokol ini. Dengan berbicara dalam bahasa yang sama, komputer mana pun di lokasi mana saja dapat berbicara satu sama lain.

Penggunaan IP address biasanya terjadi di belakang layar. Proses kerjanya seperti ini:

1. Perangkat Anda secara tidak langsung terhubung ke internet dengan menghubungkan terlebih dahulu ke jaringan yang terhubung ke internet, yang kemudian memberikan perangkat Anda akses ke internet.

2. Saat Anda di rumah, jaringan itu mungkin akan menjadi Internet Service Provider (ISP) Anda. Di tempat kerja, itu akan menjadi jaringan perusahaan Anda.

3. Alamat IP Anda ditetapkan ke perangkat Anda oleh ISP Anda.

4. Aktivitas internet Anda melewati ISP, dan mereka mengarahkannya kembali kepada Anda, menggunakan alamat IP Anda. Karena mereka memberi Anda akses ke internet, itu adalah peran mereka untuk menetapkan alamat IP ke perangkat Anda.

5. Namun, alamat IP Anda dapat berubah. Misalnya, menyalakan atau mematikan modem atau router Anda dapat mengubahnya. Atau Anda dapat menghubungi ISP Anda, dan mereka dapat mengubahnya untuk Anda.

6. Saat Anda bepergian – misalnya, dan Anda membawa perangkat, alamat IP rumah Anda tidak disertakan. Ini karena Anda akan menggunakan jaringan lain (Wi-Fi di hotel, bandara, atau kedai kopi, dan lainnya) untuk mengakses internet dan akan menggunakan IP address yang berbeda (dan sementara), yang diberikan kepada Anda oleh ISP dari hotel, bandara atau kedai kopi.

Jenis-Jenis IP Address

Ada berbagai kategori alamat IP, dan dalam setiap kategori, jenis yang berbeda.

Consumer IP Addreess

Setiap individu atau bisnis dengan paket layanan internet akan memiliki dua jenis alamat IP: alamat IP pribadi dan alamat IP publik mereka. Istilah publik dan pribadi berhubungan dengan lokasi jaringan — yaitu, alamat IP pribadi digunakan di dalam jaringan, sedangkan alamat publik digunakan di luar jaringan.

Private IP Address

Setiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet Anda memiliki alamat IP pribadi. Ini meliputi komputer, smartphone, tablet, dan juga semua perangkat berkemampuan Bluetooth seperti speaker, printer, atau smart TV. Dengan berkembangnya internet of things, jumlah alamat IP pribadi yang Anda miliki di rumah mungkin dapat bertambah. Router Anda memerlukan cara untuk mengidentifikasi item-item ini secara terpisah, dan banyak item memerlukan cara untuk mengenali satu sama lain. Oleh karena itu, router Anda menghasilkan private IP address yang merupakan pengidentifikasi unik untuk setiap perangkat yang membedakannya di jaringan tersebut.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini