Perwakilan China dan Taliban Bakal Bertemu di Qatar dengan Bawa Agenda Ini

Perwakilan China dan Taliban Bakal Bertemu di Qatar dengan Bawa Agenda Ini Kredit Foto: AP Photo/Xinhua/Li Ran

Menteri Luar Negeri China Wang Yi akan bertemu dengan perwakilan Taliban selama perjalanan minggu ini ke negara Teluk Persia, Qatar, seorang pejabat mengatakan pada Senin (25/10/2021).

“Sejak Agustus tahun ini, situasi di Afghanistan telah mengalami perubahan mendasar dan rakyat Afghanistan memiliki kesempatan bersejarah untuk menentukan nasib negara secara mandiri. Sementara itu, bagaimanapun, mereka masih menghadapi banyak kesulitan dan tantangan dan sangat membutuhkan dukungan eksternal," kata Wang, dikutip laman Channel News Asia, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: Pengakuan Rusia pada Pemerintah Taliban Dimungkinkan Jika Beberapa Persyaratan...

“Sebagai tetangga dan mitra tradisional Afghanistan yang bersahabat, China selalu menyerukan dialog dan kontak untuk memandu perkembangan situasi Afghanistan ke arah yang positif dan membantu rakyat Afghanistan untuk mengatasi kesulitan,” katanya.

Pembicaraan selama kunjungan Wang, dijadwalkan pada Senin dan Selasa, adalah kontak tingkat tinggi terbaru antara kedua pihak, dan akan “memberikan kesempatan untuk memiliki pertukaran pandangan mendalam tentang situasi Afghanistan dan masalah yang menjadi perhatian bersama”, Kementerian Luar Negeri kata juru bicara Wang Wenbin pada briefing harian.

Beijing telah lama menentang operasi oleh pasukan Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara di Afghanistan - yang berbatasan dengannya yang sempit - sambil diuntungkan dari stabilitas relatif yang disediakan oleh kehadirannya.

Mereka tetap membuka kedutaannya di Kabul tetapi belum mengakui Taliban sebagai pemerintah Afghanistan.

Ia telah mendesak kelompok itu untuk tidak memberikan tempat yang aman bagi para militan yang mencari kemerdekaan untuk wilayah Xinjiang, Tiongkok barat laut.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini