Kebijakan PPKM Efektif Redam COVID-19 Varian Delta di Kudus

Kebijakan PPKM Efektif Redam COVID-19 Varian Delta di Kudus Kredit Foto:

Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terbukti efektif meredam penyebaran virus COVID-19 varian Delta di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Sebab, kebijakan ini dapat membuat seluruh pemangku kepentingan berkolaborasi secara aktif menekan penyebaran wabah hingga tingkat komunitas atau Rukun Tetangga (RT).

Bupati Kudus H.M. Hartopo mengatakan, penerapan kebijakan tersebut salah satu yang membuat pihaknya mampu menekan penyebaran COVID-19 varian Delta dengan optimal.

Melalui kolaborasi dengan para pengurus RT, setiap pengurus secara aktif berpartisipasi dalam melakukan pengawasan terhadap warga, sehingga mengetahui kondisi warganya setiap waktu.

"Para pengurus RT, seperti Sekretaris RT melakukan pengawasan terhadap warga yang tinggal," katanya pada Diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Cerita Kita Menghadapi Delta" pada Senin (25/10/2021).

Setiap warga dikatakannya akan didata oleh pengurus RT untuk dijadikan bahan rujukan dalam upaya penanganan pandemi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Berbekal data yang didapatkan, pemerintah daerah dapat memasukkan dalam kategori masyarakat yang memerlukan isolasi mandiri terpusat atau di rumah tinggalnya masing-masing.

"Segera dilaporkan untuk mengupdate data yang dilaporkan secara berjenjang dari mulai kepala desa, pemerintah daerah, dan satuan tugas COVID-19," imbuhnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini