Panglima Militer Sudan: PM Abdalla Hamdok di Rumah Saya

Panglima Militer Sudan: PM Abdalla Hamdok di Rumah Saya Kredit Foto: Reuters/Mohamed Nureldin Abdallah

Panglima militer Sudan Abdel Fattah al-Burhan mengatakan dia menahan Perdana Menteri Abdalla Hamdok di rumah sang jenderal. Pada konferensi pers di Khartoum, Selasa (26/10/2021) dia mengatakan bahwa Hamdok aman, dalam kesehatan yang baik dan dijauhkan "untuk keselamatannya sendiri".

“Ya, kami menangkap menteri dan politisi, tetapi tidak semua” dari mereka, kata al-Burhan, dalam penampilan publik keduanya sejak merebut kekuasaan.

Baca Juga: Kudeta Sudan, Demonstrasi Kian Sulit Dibendung Setelah Militer Berkuasa

Melansir Al Jazeera, Selasa (26/10/2021), terkait pembebasan sang perdana menteri, al-Burhan mengatakan bahwa politisi itu akan dibebaskan "hari ini atau besok".

Keberadaan Hamdok, yang memimpin pemerintahan transisi dengan al-Burhan sejak Agustus 2019, awalnya tidak jelas setelah militer menahan Hamdok dan beberapa pemimpin sipil pada Senin (26/10/2021).

Al-Burhan mengatakan militer terpaksa turun tangan untuk menyelesaikan krisis politik di Sudan yang berkembang yang dia duga dapat menyebabkan perang saudara.

Tapi kudeta itu terjadi kurang dari sebulan sebelum al-Burhan seharusnya menyerahkan kepemimpinan Dewan Berdaulat yang menjalankan negara itu kepada warga sipil – sebuah langkah yang akan mengurangi kekuasaan militer.

“Seluruh negara menemui jalan buntu karena persaingan politik,” katanya pada konferensi pers yang disiarkan televisi.

“Pengalaman selama dua tahun terakhir telah membuktikan bahwa partisipasi kekuatan politik di masa transisi itu cacat dan memicu perselisihan.”

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini