Menhan Jepang Soroti Armada Laut China dan Rusia Sebagai Aktivitas Skala Masif

Menhan Jepang Soroti Armada Laut China dan Rusia Sebagai Aktivitas Skala Masif Kredit Foto: Kyodo News

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi mengatakan pada Selasa (26/10/2021) bahwa armada angkatan laut gabungan China dan Rusia yang terlihat baru-baru ini di sekitar Jepang menunjukkan "unjuk kekuatan" yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Ini adalah pertama kalinya kami mengkonfirmasi aktivitas dalam skala besar dan dalam jangka waktu yang lama," kata Kishi pada konferensi pers, mengutip laman Kyodo News, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Armada Perang Rusia dan China Kompak Kitari Jepang, Pakar Anggap Sebuah Masalah Besar karena...

"Kami percaya ini adalah unjuk kekuatan terhadap Jepang," sambungnya.

Lima kapal China dan lima kapal Rusia pada Senin (18/10/2021) pekan lalu berlayar bersama melalui Selat Tsugaru antara Hokkaido dan pulau utama Jepang Honshu menuju Samudera Pasifik.

Pada Sabtu (23/10/2021), mereka melewati Selat Osumi di selatan Kyushu sebelum melanjutkan ke Laut China Timur.

Armada tersebut diyakini termasuk kapal yang mengambil bagian dalam latihan bersama yang dilakukan oleh China dan Rusia di Laut Jepang pada pertengahan Oktober.

Kedua selat tersebut merupakan perairan internasional dan kapal asing diperbolehkan melewatinya dengan bebas.

Namun Kishi mengatakan perjalanan kapal angkatan laut China dan Rusia "dengan jelas menunjukkan lingkungan keamanan yang semakin parah di sekitar Jepang" dan bahwa "perkembangan semacam itu harus dipantau secara ketat dari sudut pandang perdamaian dan stabilitas regional."

Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi mengatakan pada konferensi pers terpisah bahwa Jepang mengatakan kepada kedua negara melalui saluran diplomatik bahwa pihaknya memiliki "kepentingan yang kuat" dalam kegiatan semacam itu di perairan sekitarnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini