Siap-siap! Biden Bakal Guyur Dana Fantastis Rp1,44 Triliun buat ASEAN, Ini Rinciannya

Siap-siap! Biden Bakal Guyur Dana Fantastis Rp1,44 Triliun buat ASEAN, Ini Rinciannya Kredit Foto: Reuters/Jonathan Ernst

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengumumkan rencana untuk menyediakan hingga $102 juta (Rp1,44 triliun) untuk memperluas kemitraan strategis AS dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Rencana itu disampaikannya pada pertemuan puncak virtual dengan blok 10 negara pada Selasa (26/10/2021), kata Gedung Putih.

Pendanaan AS akan digunakan untuk program kesehatan, iklim, ekonomi dan pendidikan, kata lembar fakta Gedung Putih, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Mendengar Kalimat-kalimat Biden dalam KTT ASEAN Tanpa Myanmar

Dari total, $40 juta (Rp567 miliar) akan digunakan untuk inisiatif untuk membantu mengatasi pandemi COVID-19 saat ini dan memperkuat kemampuan ASEAN untuk mencegah, mendeteksi, dan menanggapi wabah penyakit menular di masa depan.

Selanjutnya $20,5 juta (Rp290 miliar), kata Biden akan digunakan untuk membantu mengatasi krisis iklim dan hingga $20 juta untuk mendukung kerja sama perdagangan dan inovasi. Dan, $17,5 juta (Rp248 miliar) lainnya dialokasikan untuk proyek pendidikan dan $4 juta (Rp57 miliar) untuk mempromosikan kesetaraan dan kesetaraan gender.

Partisipasi Biden dalam KTT virtual akan menandai pertama kalinya dalam empat tahun bahwa Washington akan terlibat di tingkat atas dengan blok yang dilihatnya sebagai kunci strateginya untuk melawan China. 

Pada Rabu (27/10/2021), Biden juga akan mengambil bagian dalam KTT Asia Timur yang lebih luas, yang menyatukan ASEAN dan negara-negara lain di kawasan Indo-Pasifik, kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini