Resmi Pindah Agama, Pesan Sukmawati Markotop: Jangan Jadi Mayoritas yang Angkuh!

Resmi Pindah Agama, Pesan Sukmawati Markotop: Jangan Jadi Mayoritas yang Angkuh! Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Sukmawati Soekarnoputri resmi meninggalkan Islam setelah menjalankan prosesi pindah agama  di Sudhi Wadani di Singaraja, Bali, Selasa (26/10/2021) kemarin. Putri Presiden pertama RI itu kini resmi memeluk Hindu.

Usai menjalani ritual Sudhi Wadani, Sukmawati berbicara panjang lebar mengenai keragaman umat beragama di Indonesia. Dia kemudian berpesan agar mayoritas di Indonesia tidak menjadi pemeluk agama yang angkuh, tetapi tetap menghormati pemeluk agama lain yang minoritas.

“Memang Indonesia itu beragam, bertoleransi dengan baik. Jangan mayoritas itu menjadi mayoritas yang angkuh, kemudian tidak toleransi dengan minoritas,” kata Sumawati dikutip Populis.id, Rabu (27/10/2021). Baca Juga: Resmi Tinggalkan Islam, Pengakuan Sukmawati Mengejutkan: Cara Sembahyang Hindu Lebih Meresap Jiwa

Sukmawati menegaskan, toleransi antar umat beragama merupakan salah satu kekuataan yang dimiliki bangsa Indonesia. Untuk itu kerukukan umat beragama harus tetap dirawat.

“Tapi harus memiliki toleransi yang baik, karena kita berbangsa satu saudara di seluruh kepulauan Indonesia. Jadi, itu yang selalu ditanamkan Bung Karno,” tuturnya.

Terkait keputusannya pindah agama yang ramai disorot, Sukmawati mengaku tak mau ambil pusing.

Menurutnya, masalah keyakinan merupakan pilihan masing-masing individu. Lagipula, sebelum benar-benar memeluk Hindu, ada perjalanan spiritual panjang yang harus dia lalui.

“Saya kira, kalau pindah agama itu kan pilihan masing-masing dengan satu proses. Ibu kan cukup panjang 66 tahun,” pungkasnya. Baca Juga: 3 Tokoh Ini Bisa Jadi Skenario Jusuf Kalla di Pilpres 2024, Top!

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini