Penting untuk Perawatan Diabetes, Sampai Kapan Penderita Diabetes Harus Suntik Insulin? Ternyata…

Penting untuk Perawatan Diabetes, Sampai Kapan Penderita Diabetes Harus Suntik Insulin? Ternyata… Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

Kadar gula darah erat kaitannya dengan kondisi kesehatan kronis diabetes. Meski bukan satu-satunya pernyebab, kadar gula darah yang tidak normal memang menjadi mimpi buruk bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Mengerikan, Cek Kuku Kaki Anda Sekarang! Duh… Perubahan Ini Ternyata Bisa Mengindikasikan Diabetes

Mengutip laman Heatlhline, saat Anda makan makanan yang mengandung karbohidrat, jumlah gula darah dalam aliran darah Anda meningkat. Sel-sel di pankreas Anda merasakan peningkatan ini dan melepaskan insulin ke dalam darah Anda.

Insulin kemudian bergerak di sekitar aliran darah Anda, memberi tahu sel-sel Anda untuk mengambil gula dari darah Anda. Proses ini menghasilkan penurunan kadar gula darah.

Sayangnya pada kondisi diabetes, insulin tidak dapat bekerja lagi sebagaimana mestinya sehingga diperlukan suntikkan insulin untuk mengelola gula darah dalam tubuh. Pertanyaannya adalah sampai kapan penderita diabetes harus melakukan suntik insulin?

Untuk menjawab hal tersebut perlu dipahami dulu tentang 2 bentuk umum dari diabetes yakni tipe 1 dan 2.

Baca Juga: Nggak Nyangka! Daun Kersen Cocok Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes, Hal Ini karena…

Orang dengan diabetes tipe 1 tidak dapat lagi memproduksi insulin. Ini berarti glukosa tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel, menyebabkan kadar glukosa darah menjadi terlalu bahkan sangat tinggi.

Diabetes tipe 2, biasanya pada orang dewasa, yang terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak membuat cukup insulin

Diantara kedua jenis tersebut, diabetes tipe 1 memanglah yang umum bahkan wajib menggunakan suntikkan insulin terus menerus. Hal ini dilakukan karena mereka yang mengidap diabetes tipe 1 tidak dapat lagi memproduksi insulin karena suatu kondisi bawaan. Diabetes tipe satu ini sering terjadi dimulai pada saat anak-anak.

Baca Juga: Penderita Diabetes Makan Daging? Hmm, Penting! Pahami Dulu Tentang Hal Ini

"Pada umumnya, orang harus menggunakan suntik insulin bagi mereka penderita diabetes tipe satu," jelas Hafiz, dalam webinar Initiation & Intensification of Basal Insulin, sebagaimana dikutip dari laman GenPi.

Mengutip laman kesehatan Mayo Clinic Jika Anda menderita diabetes tipe 1, terapi insulin sangat penting untuk menggantikan insulin yang tidak diproduksi tubuh Anda.

Terkadang, penderita diabetes tipe 2 atau diabetes gestasional membutuhkan terapi insulin jika perawatan lain belum mampu menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang diinginkan. Terapi insulin membantu mencegah komplikasi diabetes dengan menjaga gula darah Anda dalam kisaran target Anda.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu! Apa Benar Diabetes Menyebabkan Menstruasi Tidak Teratur? Ternyata...

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini