Makan Camilan Malam Hari untuk Penderita Diabetes Boleh Kok, Tapi…

Makan Camilan Malam Hari untuk Penderita Diabetes Boleh Kok, Tapi… Kredit Foto: Unsplash/Heather Ford

Kondisi diabetes ‘memaksa’ penderita diabetes menjaga kadar gula darah mereka dalam batas yang wajar. Asupan makanan pun harus diwaspadai karena salah atau sembarangan makan bisa berisiko menimbulkan dampak tertentu.

Makan malam hari sering dikaitkan dengan kebiasaan buruk karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan seseorang. Tak sedikit orang yang menerima hal itu sehingga mengikuti saran untuk tidak makan di malam hari.

Baca Juga: Kentang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Eitss… Kata Siapa? Anda Harus Pahami Dulu Hal Ini

Jika pada kondisi normal tubuh yang sehat makan di malam hari coba dihindari maka secara umum dengan kondisi diabetes yang harus lebih waspada terhadap lonjakkan gula darah juga berlaku.

Sebagai alternatif yang lebih sehat, biasanya orang-orang memilih makan camilan di malam hari yang lebih rendah kalori. Pertanyaannya adalah apakah penderita diabetes boleh juga makan camilan di malam hari? Apakah ada dampak tersendiri jika melakukan itu?

Melansir laman Mayo Clinic, Jika Anda menderita diabetes, camilan larut malam tidak selalu terlarang, tetapi penting untuk membuat pilihan yang sehat.

Camilan larut malam menambah kalori ekstra, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan. Jika Anda ngemil setelah makan malam terutama makanan yang mengandung karbohidrat, Anda mungkin akan bangun keesokan paginya dengan kadar gula darah yang tinggi.

Baca Juga: Mari Mengenal Koma Diabetes, Kondisi Parah yang Bisa terjadi pada Penderita Diabetes

Jika Anda merasa lapar setelah makan malam, cobalah minum segelas air terlebih dahulu. Terkadang rasa haus meniru rasa lapar. Jika Anda masih merasa lapar, pilihan terbaik Anda adalah camilan rendah karbohidrat dan rendah kalori, lebih disukai yang tinggi protein atau serat, seperti yogurt Yunani atau segenggam kecil kacang.

Pilihan lainnya termasuk:

  • Pop beku bebas gula
  • Satu stik keju ringan
  • Satu sendok makan selai kacang (15 gram) dan seledri
  • Telur rebus
  • Lima wortel bayi
  • Popcorn ringan, 3/4 mangkok (sekitar 6 gram)
  • Salad hijau dengan mentimun dengan sedikit tambahan minyak dan cuka

Jika Anda menggunakan insulin atau obat diabetes lainnya, terkadang Anda mungkin perlu ngemil sebelum tidur untuk mengobati atau mencegah gula darah rendah (hipoglikemia) di malam hari. Jika ini sering terjadi, bicarakan dengan dokter Anda. Dia mungkin merekomendasikan untuk menyesuaikan dosis obat Anda untuk mencegah kebutuhan akan camilan larut malam.

Penting untuk Anda mengikuti saran yang diberikan dokter agar segala langkah yang Anda ambil terkait diabetes termasuk pilihan camilan malam yang Anda rencanakan bisa tepat dan aman untuk kesehatan Anda.

Baca Juga: Mengerikan, Cek Kuku Kaki Anda Sekarang! Duh… Perubahan Ini Ternyata Bisa Mengindikasikan Diabetes

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini