Jika Koalisi Golkar-NasDem Terbentuk, 2 Tokoh Ini Layak Maju Pilpres 2024

Jika Koalisi Golkar-NasDem Terbentuk, 2 Tokoh Ini Layak Maju Pilpres 2024 Kredit Foto: Istimewa

Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS merespons soal dinamika partai jelang pertarungan politik 2024, kususnya keungkinan koalisi Golkar-Nasdem.

Sejumlah partai sudah menunjukkan geliatnya untuk menyebarkan aroma pencapresan, termasuk Golkar.

"Partai Golkar ini sudah hampir dapat dipastikan akan mengusung Ketua Umumnya Airlangga Hartanto," kata Fernando kepada GenPI.co, Rabu (27/10/2021). Baca Juga: Ustadz Yusuf Mansur Punya Prediksi Soal Pemilu 2024: Insya Allah Partai Golkar Menang

Fernando mengatakan, sebenarnya ada kader Partai Golkar yang lainnya seperti Bambang Soesatyo yang juga memiliki potensi, tetapi sepertinya partai beringin ini sudah bertekad akan mengusung Airlangga.

Selanjutnya, Golkar harus cermat dalam melakukan perhitungan politik untuk menentukan teman koalisi.

Fernando sendiri melihat ada koneksi antara Golkar dengan Nasdem.

"Kalau berdasarkan historis, kedua partai tersebut akan sangat mudah membangun koalisi karena Surya Paloh yang merupakan Ketum Nasdem mantan kader Partai Golkar," katanya.

Peta pertarungan 2024 akan jadi sangat menarik ketika Golkar dan Nasdem berkoalisi yang akan mengusung kadernya masing-masing. Nasdem bisa mengisi porsi sebagai wapres.

"Menarik ketika mengusung Irma Suryani Chaniago untuk mendampingi Airlangga," katanya.

Pengamat politik ini menyebut, kombinasi Jawa non-Jawa, laki-perempuan akan makin membuka peluang koalisi Golkar dan Nasdem untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024. 

"Dengan dukungan Golkar dan Nasdem yang memiliki kursi di DPR RI sebanyak 144 atau setara 25 persen, ini sudah cukup untuk mengusung Airlangga-Irma," katanya. Baca Juga: Janji Ganti Rugi Hanya Omong Doang, Warga Petamburan Laporkan Anies Baswedan ke Ombudsman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini