Anies Baswedan sampai Geleng-geleng: Orang Baik Terjun ke Politik Malah Dipermasalahkan

Anies Baswedan sampai Geleng-geleng: Orang Baik Terjun ke Politik Malah Dipermasalahkan Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku heran dengan sikap sejumlah orang yang selalu mempermasalahkan keputusan orang lain yang hendak terjun ke dunia politik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, kondisi yang membuatnya sampai terheran-heran adalah ketika kelompok tertentu menyoal keputusan orang-orang bersih dan tak cacat hukum yang mau terjun ke dunia politik.

Tetapi di sisi lain orang-orang bermasalah yang memutuskan masuk politik justru dibiarkan saja. Kondisi ini kata Anies sudah sering terjadi di Indonesia. Baca Juga: Anies Dilaporkan Warga ke Ombudsman Gegara Duit Gusuran, Anak Buah Pasang Badan: Kami Segera Bayar!

"Kalau orang bermasalah masuk politik tidak dipermasalahkan, kalau orang tidak bermasalah masuk politik malah dipermasalahkan loh," kata Anies Baswedan ketika memberikan sambutan dalam acara launching PKS Muda Institute, Kamis (28/10/2021).

Lebih lanjut, Anies Baswedan mengatakan, jika kodisi seperti ini terus terjadi, maka kondisi duni politik di negara ini bakal terus bermasalah.

"Kapan kita punya pasukan orang-orang baik di level politik, bila orang tidak bermasalah masuk politik dipermasalahkan, itu sering terjadi," tuturnya.

Anies mengatakan, justru akan lebih baik apabila dunia politik diisi oleh orang-orang yang tidak memiliki masalah, dan berkapasitas intelektual.

Maka dari itu, ia tidak menyetujui ketika satu sektor mendapatkan persepsi yang buruk. Pasalnya, menurut Anies seluruh sektor memiliki pilihan yang sama untuk berbuat bersih ataupun kotor.

"Justru orang-orang bermasalah di politik harus dipermasalahkan, bahwa sektor mana pun ada pilihan-pilihan bersih, pilihan tidak bersih, baik di dunia bisnis maupun politik," terangnya.

"Tapi jika dipersepsikan hanya satu sektor yang tidak bersih, saya rasa itu bukan sesuatu yang tepat," pungkasnya. Baca Juga: Farhat Abbas Siap Tempur di Pilpres 2024, Prabowo, Ganjar, Puan, dan Anies Lewat Semua

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini