Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Riset Pemasaran?

Apa Itu Riset Pemasaran? Kredit Foto: Unsplash/William Iven
Warta Ekonomi, Jakarta -

Riset pemasaran adalah pengumpulan, pencatatan, dan analisis data secara sistematis tentang isu-isu yang berkaitan dengan pemasaran produk dan jasa. Tujuannya untuk mengidentifikasi dan menilai bagaimana perubahan elemen bauran pemasaran berdampak pada perilaku pelanggan.

Riset pemasaran melibatkan penentuan data yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, kemudian merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data. Setelah menganalisis data yang dikumpulkan, hasil dan temuan ini, termasuk implikasinya, diteruskan ke pihak yang berwenang untuk menindaklanjutinya.

Baca Juga: Apa Itu Backend Developer?

Riset pemasaran secara khusus memperhatikan proses pemasaran, seperti efektivitas periklanan dan efektivitas tenaga penjualan.

Riset pemasaran sering dipartisi menjadi dua set pasangan kategoris, baik berdasarkan target pasar yaitu riset pemasaran konsumen, (B2C) dan

riset pemasaran bisnis-ke-bisnis (B2B). Dengan pendekatan metodologis, riset pemasaran dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

Riset pemasaran juga dapat digambarkan sebagai identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi yang sistematis dan objektif dengan tujuan membantu manajemen dalam pengambilan keputusan terkait dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam pemasaran.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan