Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertambahan Home Passed Capai 151 Ribu, Kinerja Link Net Bikin Ngiler

Pertambahan Home Passed Capai 151 Ribu, Kinerja Link Net Bikin Ngiler Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Link Net Tbk (LINK) berhasil mengantongi endapatan pada kuartal II 2021 sebesar Rp1,09 triliun, meningkat 11,9% dari Rp971,5 miliar. Pada semester I 2021, pendapatan meningkat sebesar 11,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi Rp2,15 triliun dari Rp1,93 triliun.

Hal tersebut membuat laba bersih perusahaan pada semester I 2021 tumbuh 3,4% dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi Rp472 miliar.

“Link Net terus melanjutkan pertumbuhan performa keuangan yang kuat pada semester 1 tahun 2021 dengan Year-on-Year EBITDA sebesar 17.1%. Segmen Enterprise Link Net terus mencatat pertumbuhan dengan peningkatan pendapatan sebesar 26% Year-on-Year di kuartal kedua tahun 2021,” kata Presiden Direktur dan CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Link Net Raih Penghargaan untuk Pengembangan dan Peningkatan SDM

Perseroan mencatat jika pendapatan Rata-Rata Per Pengguna (Average Revenue Per User / ARPU) tetap tinggi sebesar Rp351 ribu. Lalu, bisnis enterprise Link Net juga terus menunjukkan perbaikan. Pada kuartal II 2021 pendapatan enterprise bertumbuh 26% dari tahun sebelumnya. Perusahaan terus melakukan migration project. Hingga akhir September, Link Net menyelesaikan hampir setengah dari keseluruhan migration project.

Sepanjang tahun 2021 terdapat peningkatan churn dari pelanggan yang berlangganan di tahun 2020. Link Net telah mengimplementasikan strategi untuk memperkuat manajemen churn.Strategi ini termasuk dengan menggunakan layanan pengiriman pesan instan seperti WhatsApp, meningkatkan customer contact untuk menyelesaikan berbagai isu yang dihadapi pelanggan.

Sementara itu, dampak dari virus corona varian Delta tersebut menyebabkan penurunan sementara pada produktivitas penjualan, peningkatan churn, dan mengakibatkan penambahan pelanggan yang lemah.

Pada kuartal ke-2 dan ke-3, tim penjualan Link Net menambah 50 ribu gross subscribers, lebih sedikit dari periode yang sama di tahun 2020. Jumlah net subscribers di 2Q2021 dan 3Q2021 masing-masing adalah sebanyak 882 dan 1.002 pelanggan. Keemudian, pada sembilan bulan tahun 2021, Link Net telah menambah 21 ribu net subscribers dan total pelanggan Link Net tercatat sebanyak 861 ribu.

Baca Juga: Pantas Sekelas Tencent Bisa Kepincut! Perusahaan Ini Sukses Ubah Nasib dari Buntung Jadi Untung!

Perseroan berharap tingkat churn dapat menurun dan mulai mencatat pertumbuhan jumlah pelanggan yang lebih banyak sehingga akhirnya terjadi peningkatan pertumbuhan pelanggan di masa depan.

Link Net menambahkan 45 ribu dan 57 ribu home passed pada kuartal II 2021 dan kuartal III 2021. Pada akhir kuartal III 2021 total home passed Link Net mencapai 2,8 juta home passed.

“Meskipun terdapat tantangan pada lingkungan operasional yang diakibatkan oleh COVID-19, manajemen Perseroan secara konsisten terus beradaptasi dengan kondisi ini. Migration project yang dilakukan terus mengalami kemajuan, dan kami telah menyelesaikan hampir setengah dari seluruh proyek pada akhir September 2021,” tutup Marlon.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan